Tentang Kentingan

LPM Kentingan UNS adalah lembaga pers mahasiswa tingkat universitas yang berdiri pada tanggal 21 Desember 1993 di Kampus Mesen UNS Surakarta. Berawal dari ajang diskusi nonformal mahasiswa (mayoritas mahasiswa Fakultas Kedokteran) yang membahas isu-isu kampus, regional, dan nasional. Selanjutnya tercetuslah ide untuk melembagakan komunitas tersebut ke dalam sebuah wadah intelektual resmi internal kampus. Akhirnya, terbentuklah Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Pers Mahasiswa Kentingan UNS.

Produk awal lembaga pers ini adalah Surat Kabar Mahasiswa (SKM) “Saluran Sebelas” dan Majalah “Kentingan” yang terbit setiap bulan. Keduanya mengetengahkan isu-isu nasional, isu-isu kampus, serta isu-isu yang berkembang dalam lingkup kota Surakarta dan sekitarnya dari kacamata mahasiswa. Saat pra reformasi bergulir tahun 1998, SKM “Saluran Sebelas” dibredel rektorat UNS akibat kritikannya pada Orde Baru atas penyelenggaraan Pemilu 1997. Maka, LPM Kentingan UNS hanya menerbitkan majalah saja. Selanjutnya, produk LPM Kentingan ditambah dengan menerbitkan buletin semi majalah yang dinamai Buletin “Civitas”. Pada tahun 2016, penerbitan Buletin “Civitas” dihentikan. Hari ini produk terbitan LPM Kentingan meliputi: Majalah “Kentingan”, Laman “Saluran Sebelas”, dan Buku.

Di tengah geliat perkembangan UNS, pertambahan jumlah mahasiswa yang cukup pesat secara langsung berimbas pula pada peningkatan jumlah mahasiswa peminat LPM Kentingan. Hal ini menjadikan LPM Kentingan memiliki input sumber daya manusia yang luar biasa. Mahasiswa yang masuk di LPM Kentingan sangat beragam, berasal dari seluruh fakultas di UNS, serta berasal dari latar belakang kemampuan dan budaya akademik yang bervariasi. Harmonisasi keberagaman ini merupakan salah satu kelebihan dan kekuatan LPM Kentingan yang menjadikan dinamika kelembagaan menjadi sangat berwarna.

Organisasi LPM Kentingan UNS dibagi menjadi 4 bidang. Masing-masing bidang memiliki kegiatan dan program kerja unggulan untuk mewadahi hobi, aspirasi, dan kreativitas anggota LPM Kentingan UNS maupun civitas akademika pada umumnya. Masing-masing bidang LPM Kentingan memiliki pembagian dan pembatasan garis kerja yang jelas, meskipun beberapa program kerja masih saling mendukung antar satu sama lainnya. Adapun keempat bidang tersebut adalah sebagai berikut:

Redaksi

Bidang redaksi, dapat diumpamakan sebagai jantung dari sebuah lembaga pers, karena memiliki peran utama dalam hal penerbitan produk dan kegiatan keredaksian. Bidang redaksi mengelola penerbitan Majalah “Kentingan” dan laman “Saluran Sebelas”.

Bidang redaksi dibagi dalam beberapa bidang, meliputi: Kepenulisan (Reporter), Visual, Fotografi, dan Riset.

Kesekretariatan

Kesekretariatan merupakan bidang yang mengurus kegiatan rumah tangga lembaga seperti administrasi, inventaris, dan hubungan dengan pihak luar LPM Kentingan UNS. Kesekretariatan menyelenggarakan pengadaan, pendataan, dan pengarsipan dokumen serta inventaris. Selain itu, kegiatan Temu Alumni dan Selikuran (ulang tahun LPM Kentingan) merupakan kegiatan kesekretariatan yang diadakan setahun sekali untuk memperkuat jaringan lembaga dengan para alumni LPM Kentingan UNS.

Perusahaan

Pencairan dan pengelolaan dana, serta pencarian iklan guna menunjang penerbitan adalah tugas bidang perusahaan. Perusahaan menyelenggarakan acara “Solo Membaca” sebagai salah satu kegiatan dana usaha, pencarian dan pencairan dana, serta melakukan hubungan dengan masyarakat.

Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM),

Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia sepanjang tahun menyelenggarakan kegiatan-kegiatan keilmuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia LPM Kentingan, antara lain pelatihan dan workshop internal, diskusi rutin sepekan sekali, diskusi publik, dan bedah buku. Bidang PSDM juga memiliki kegiatan besar yang berhubungan dengan regenerasi anggota, yaitu Masa Perekrutan Anggota (Marka) dan Diklat Jurnalistik Dasar, yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa UNS, baik program Diploma, Sarjana, maupun Magister.

Di tahun 2009, LPM Kentingan UNS menuai prestasi saat majalah “Kentingan” edisi 15-16 (Edisi Tahun 2008 ”Fragmen Mahasiswa” dan Edisi Tahun 2009 ”Lansia, Tua di Negeri yang Tak Sejahtera”) menjadi Juara 1 pada event dua tahunan Lomba Majalah Kampus Nasional. Lomba tersebut diselenggarakan Penerbit Buku Erlangga.

Sebagai lembaga pers yang memiliki visi “menjadi lembaga pers mahasiswa yang mendorong terciptanya masyarakat ilmiah yang menjunjung tinggi nilai kebenaran, keadilan, dan kemanusiaan”, LPM Kentingan selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat melalui kegiatan penerbitan dan non penerbitan secara optimal. Prestasi yang pernah terukir adalah sebuah pemantik bagi LPM Kentingan untuk tak pernah berhenti menelurkan inovasi dalam karya, baik kini maupun nanti.

Viva journalism, viva LPM Kentingan!

Salam Persma!

Terakhir diperbarui pada 18 April 2019