Saluransebelas – Art and Sport Appreciation by Economic and Business Faculty of UNS atau disingkat ARTEFAC UNS kembali digelar oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), UNS. Press conference yang diadakan pada hari Kamis (05/03) bertempat di gedung 5 FEB, UNS dengan panitia dan masing-masing project officer  membeberkan sederet acara yang akan di selenggarakan Artefac pada tahun 2020 ini.

Dengan mengusung tema “The Sense of Artefac: Living Life in Color”, pantia Artefac meyakini tema tersebut mengandung arti tersendiri dan dianggap dekat dengan kehidupan manusia. Brian Firmansyah selaku panitia Artefac 2020 menjelaskan, “Warna tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan kita, kehidupan di bumi. Jutaan warna tersebar mengenang suatu momen, warna yang ada menimbulkan rasa. Warna juga menimbulkan semangat, warna membuat jiwa tenang, warna yang menusuk hati, hingga warna yang membuat kebahagiaan.”

Artefac akan dimulai pada tanggal 8-28 Maret 2020 sebagai sumbangsih memeriahkan Dies Natalis UNS ke-44. Acara ini  akan diawali dengan longmarch pada tanggal 8 Maret 2020 yang dimulai dari Mc. Donals, Jl. Slamet Riyadi hingga depan MAN 2 Surakarta. Kemudian dilanjutkan dengan serangkaian kompetisi seni dan olahraga yang akan dilaksanakan tanggal 10-27 Maret 2020.

Di bidang seni akan diadakan lomba monolog dengan peserta siswa SMA dan mahasiswa dari universitas seluruh Indonesia pada tanggal 14-21 Maret 2020,  bertempat di Taman Budaya Jawa Tengah, Surakarta. Kemudian ada juga kompetisi K-POP Dance Cover untuk umum yang dilaksanakan pada 15 Maret 2020 di Hartono Mall, Solo Baru, Sukoharjo. Serta lomba band yang diselenggarakan untuk umum pada tanggal 27 Maret 2020 di Gudang Sekarpace, Surakarta.

Sedangkan di bidang olahraga,  diselenggarakan pertandingan basket dengan peserta siswa SMA dan mahasiswa dari universitas seluruh Indonesia pada tanggal 14-21 Maret 2020 bertempat di GOR UNS Surakarta. Selain itu, terdapat kompetisi futsal yang juga dengan peserta siswa SMA dan mahasiswa dari universitas seluruh Indonesia pada tanggal 22-26 Maret 2020, bertempat di GOR UNS Surakarta.

Kemudian rangkaian acara tersebut rencananya akan ditutup dengan acara puncak yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo, pada 28 Maret 2020. Di malam puncak tersebut, pihak penyelenggara menghadirkan sederet musisi ternama, seperti Pamungkas, Kunto Aji, dan The Changcuters. Ketiga musisi tersebut dipilih sebagai pengisi acara karena dianggap dapat menyuguhkan kombinasi musik yang cocok.

“Pamungkas dengan lagu galaunya, kemudian disembuhkan Kunto Aji dengan mantra-mantranya dan berbahagia lewat lagu yang dibawakan Changcuters,” pungkas project officer appreciation Gerano Sukarno tentang sederet musisi yang akan diundang pada closing ceremony  Artefac 2020. Gerano juga menjelaskan, Pura Mangkunegaran dipilih karena tempat tersebut mampu menampung hingga 15.000 orang. Sementara itu, untuk  tiket closing ceremony di jual seharga 70 ribu pada harga normal.

Reporter: Muhibah Syifa dan Andika Fitri

 


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/saluransebelas/public_html/wp-includes/functions.php on line 4609

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/saluransebelas/public_html/wp-includes/functions.php on line 4609

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/saluransebelas/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 111