lpmkentingan.com-Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta gelar pameran yang menampilkan berbagai karya mahasiswa angkatan 2013 bertajuk 13 up!. Pameran yang digelar mulai hari Jumat (9/10) hingga Minggu (11/10) ini mengusung tema Visual Project Exhibition di Taman Budaya Jawa Tengah. Tema ini diangkat untuk merubah kebiasaan pameran tahun-tahun sebelumnya yang cenderung memamerkan karya seni murni menjadi pameran karya seni yang juga bisa diaplikasikan.

Pameran ini menampikan puluhan karya desain yang bisa diaplikasikan pada produk-produk seperti kaos, website, permainan, sticker, hingga desain pada gerobak. “Jadi karya-karya yang ada di sini lebih kepada penerapan, pada aplikasi langsung,” jelas sekretaris pameran Ghilman Aminullah.

Selain pameran, 13up! juga mengadakan seminar bertajuk Peran dan Kontribusi DKV dalam Menghadapi MEA pada Sabtu (10/10). Dalam seminar tersebut, Andreas Slamet Widodo (Dosen DKV UNS) dan Dabz dari Pined hadir sebagai pembicara. Beberapa Usaha Kecil Menengah (UKM) pun juga turut hadir pada seminar tersebut. Dengan adanya UKM tersebut diharapkan dapat memperkenalkan fungsi desain dan memilih desain yang efektif pada dunia usaha.

“Di sini ada timbal balik, kalau misalnya dari UKM ada yang tertarik (pada produk, red) bisa langsung cari-cari kita, ada banyak alumni yang mungkin bakal banyak dicari,”tukas Ghilman.

Pada hari terakhir, 13up! mengajak masyarakat umum untuk berbagi dalam Workshop and Sharing bertajuk “Mengubah Ilustrasi menjadi Uang”. Di acara ini, pembicara Aufstand berbagi tentang ilustrasi yang baik sekaligus bagaimana menghasilkan uang dari ilustrasi. (Inang)