Saluransebelas – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Institut Karate-Do Indonesia (INKAI) UNS menggelar konferensi pers Sebelas Maret Cup (SMC) ke-11 pada Kamis, 7 Maret 2019 di Student Center UNS. SMC merupakan kejuaraan karate antar mahasiswa yang diselenggarakan secara rutin dua tahun sekali oleh UKM INKAI UNS.

 

Kegiatan SMC akan dilaksanakan pada 8-10 Maret 2019 di GOR Sritex Arena Solo. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang memperingati dies natalis UNS ke-43. Tujuan kegiatan SMC adalah pengembangan prestasi dan juga sebagai tolak ukur dalam menilai perkembangan teknik-teknik bela diri karate di Indonesia.

 

Kejuaraan ini telah dilaksanakan selama 11 tahun, yaitu dua kali kejuaraan se-Jawa Bali, enam kali kejuaraan nasional, dan tiga kali kejuaraan se-Asia Tenggara. Kejuaraan ini merupakan wadah untuk mengembangkan potensi-potensi mahasiswa dalam meraih prestasi, khususnya di bidang bela diri karate.

 

Persiapan dari para atlet yang akan berlaga mulai Jumat, 8 Maret 2019 begitu terlihat dari spririt para atlet pada saat konferensi pers, “UNS sendiri sudah siap bersaing dalam perebutan juara umum di kompetisi SMC tahun ini” ungkap Rizky Mica selaku ketua panitia Sebelas Maret Cup.Tahun ini jumlah peserta SMC adalah 340 peserta yang berasal dari 56 kontingen dan berasal dari lima negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan Timor Leste. UNS juga mendatangkan wasit dari Singapura untuk menambah nilai sportifitas selama kompetisi berlangsung.

 

Untuk tahun ini, UNS menyiapkan 27 atlet dan lima atlet unggulan dalam kelasnya yang terdiri dari 17 kelas yang dilombakan, mereka juga menyiapkan empat pendatang baru yang sudah berprestasi dalam kompetisi ini diantaranya Dimas, Leni, Yogi, dan Yudha yang masing-masing berasal dari Fakultas Keolahragaan (FKOR) 2018. Mereka diharapkan dapat menyumbang poin di setiap cabangnya untuk kontingen UNS dan merebut piala bergilir dari juara tahun lalu yaitu Universitas Negeri Jakarta.[]

 

Reporter: M. Irfan Julyusman

Editor: Imriyah