Suasana ramai dan sesak memadati pelataran auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sejak Rabu (8/4) kemarin. Para pencari kerja dan berbagai perusahaan baik negeri maupun swasta sedang mengikuti acara UNS SOLO JOB FAIR XI. Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut (8-9/4) merupakan bursa atau pameran bagi para pencari kerja dan perusahaan yang menyediakan pekerjaan.

Antusiasme para mahasiswa dan alumni pun terlihat dari banyaknya antrian yang ada. Endah Sulasih salah satunya. Alumni D3 Akuntansi UNS ini mengaku rela mengantri hingga satu jam untuk mencari perusahaan yang diinginkannya. “Karena banyaknya perusahaan BUMN ternama di Indonesia seperti Bank Mandiri, Bank BTN, dan lain sebagainya yang mengikuti acara tersebut,”ujarnya memberi alasan mengikuti UNS SOLO JOB FAIR XI.

Di samping itu, Endah mengikuti UNS SOLO JOB FAIR XI karena ingin mencari bidang pekerjaan dengan prospek yang baik. Gadis yang pernah mengikuti Job Fair di kota lain ini pun mengatakan tidak terlalu banyak perbedaan Job Fair di Solo dan kota lainnya. Menurutnya perbedaan hanya terlihat dari jumlah perusahaan yang berpartisipasi serta fasilitas gedung yang ada. “Kalau di UNS ini gedungnya lebih luas dan memadai, juga untuk antriannya tidak sebanyak yang di Semarang,”tuturnya.

Endah mengungkapkan UNS SOLO JOB FAIR XI cukup berbeda karena dapat dihadiri langsung oleh Menteri Keuangan. Ia pun berharap UNS SOLO JOB FAIR selanjutnya dapat menambah jumlah perusahaan yang ikut berpartisipasi dan memulai acara ontime sehingga tidak menambah jumlah antrian. (Fadhilah, Citra)