(Vera Safitri)

Surakarta, saluransebelas.com – Tim karate Universitas Sebelas Maret (UNS) nampaknya harus legowo dengan posisi kelima pada kejuaraan karate antar mahasiswa  se-Asia Tenggara besutannya sendiri, Sebelas Maret Cup (Semar Cup) X yang berakhir kemarin, Minggu, (26/03). Dari 30 atlet yang dijagokan, tim karate UNS hanya berhasil menyabet sebuah emas, sebuah perak dan dua buah perunggu.

 

Mutia S. Daniar, pelatih tim karate UNS, menyatakan bahwa timnya sudah menunjukan peforma maksimal dan sudah berlatih keras untuk kejuaraan ini. “Tapi namanya pertandingan kan tidak bisa diprediksi. Dan kami akui beberapa karateka ada yang staminanya sempat turun,” ujarnya. Untuk kejuaraan Semar Cup berikutnya, Mutia berharap para karateka UNS bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi. Ia pun berharap, para karateka yang dilagakan tahun ini dapat berlaga lagi dua tahun kedepan. ” Ya, supaya mereka bisa belajar dari sekarang, tahu situasi segala macem.”

 

 

Sedangkan posisi pertama alias juara umum Semar Cup X masih dipegang oleh tim karate Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan perolehan medali enam buah emas, tiga buah perak dan dua buah perunggu. Tim karate UNJ ini sebelumnya telah dua kali berturut-turut memegang gelar juara umum di ajang Semar Cup, yakni pada tahun 2013 dan 2015.

 

“Dari kami sendiri sudah menentukan kejuaraan apa saja yang akan kami ikuti per tahunnya, dan Semar Cup ini adalah salah satu kejuaraan yang harus kami menangkan,” ujar Fauzan Hazmi, salah satu karateka asal UNJ. Menurutnya, kemenangan yang mereka peroleh ini berkat latihan keras mereka sepanjang tahun. “Pokoknya jangan meremehkan pertandingan sekecil apapun. Di Semar Cup berikutnya kami pasti menang. Kami enggak mungkin kalah!” pungkasnya. []