lpmkentingan.com–Mahasiswa dari berbagai negara menyemarakkan agenda tahunan UNS Cultural Night, Kamis (30/4). Digelar di auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, sekitar 25 negara berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan oleh International Office UNS ini.

Acara dibuka lewat penampilan dari provinsi termuda Indonesia, Kalimantan Utara, yang membawakan tari Enggang. Lalu, berturut-turut para mahasiswa dari berbagai negara unjuk kebolehan dalam menyajikan seni dan budaya asal negeri masing-masing. Selain itu, juga digelar fashion show pakaian tradisional serta sesi kuliner masing-masing negara. Negara yang berpartisipasi diantaranya yaitu Timor Leste, Kamboja, Myanmar, Mesir, Tiongkok, Libya, Prancis, dan masih banyak lagi.

Dai, salah satu mahasiswa asal Jepang mengaku senang dengan penyelenggaraan UNS Cultural Night 2015. “Saya senang, karena bisa belajar kebudayaan dari negara lain,”ujar mahasiswa S-1 sastra Indonesia ini. Ia juga menjelaskan, saat ini terdapat tiga mahasiswa Jepang di UNS.

Keriuhan juga terjadi di stand Libya. “Kebanyakan dari kami membawa juga istri dan anak-anak kami,” ujar Abas, mahasiswa S-2 teknik sipil asal Libya. Libya, yang juga pemenang kategori kuliner dalam UNS Cultural Night 2015 menyajikan berbagai kuliner khas seperti Khuskhus dan nasi ayam khas Libya.

Antusiasme penonton tak kalah heboh. Hal ini terlihat dari penjualan tiket UNS Cultural Night 2015 yang habis hanya dalam beberapa hari. Selain itu, kuliner khas dari berbagai negara juga habis diserbu hanya dalam beberapa menit. (Satya, Fika)