Surakarta- Ravik Karsidi kembali terpilih menjadi rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta periode 2015-2019 pada Kamis siang (5/2) dalam sidang senat tertutup UNS. Dari total 188 suara, Ravik berhasil memperoleh 107 suara, sementara sisanya sebanyak 57 suara diperoleh Ahmad Yunus dan 21 suara diperoleh Adi Sulistiyono.

Dalam periode jabatan ke-2 ini, Ravik akan melanjutkan program Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) sesuai yang telah dicanangkan untuk UNS 2030. “Program selama empat tahun kedepan merupakan kelanjutan dari Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) untuk akselerasi UNS 2030,”terangnya dalam jumpa pers di Ruang Sidang I Kantor Pusat UNS.

Berjargonkan UNS Bisa, selama empat tahun kedepan Ravik berharap dapat melakukan sinergi dan akselerasi demi tercapainya status UNS sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH). Perubahan status tersebut dapat diperoleh dengan beberapa syarat, salah satunya nilai akreditasi A untuk minimal 80% program studi. Padahal, ungkap salah satu calon rektor, Adi Sulistiyono, UNS baru mencapai 30%. Namun dengan terpilihnya Ravik kembali sebagai rektor, Adi optimis UNS dapat berstatus BH. “Pak Ravik itu orangnya ulet, tangguh, dan gigih. Saya optimis UNS dapat mengejar ketertinggalan nilai dan berstatus BH,”ujarnya seusai sidang senat tertutup. [AN]