Surakarta – Universitas Negeri Sebelas Maret mengadakan  Emosional Spiritual Quotient (ESQ) Training untuk mahasiswa baru (maru) seluruh angkatan 2014 jenjang Strata 1 dan diploma 3 di Auditorium UNS. Training yang melibatkan sembilan fakultas yakni Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Sastra dan seni Rupa, Teknik, Hukum, Ekonomi Bisnis, Kedokteran, dan Pertanian itu, dibagi dalam 15 angkatan yang dimulai dari awal September dan ditutup pada Minggu, tanggal 9 November 2014.

Training ESQ tersebut diselenggarakan atas kerja sama UNS oleh trainer dari ESQ 165 yang dan juga dibantu Forsma UNS.

Agar mereka mengerti diri mereka sendiri, siapa mereka, untuk apa mereka, apa tujuan mereka dengna tujuh budi utama yakni  memiliki integritas, tanggung jawab, disiplin, visioner, kerjasama, adil, dan peduli,” kata Yus Ibnu Yassin, trainer yang mengisi ESQ UNS 2014 dari awal sampai akhir.

Sementara itu, menurut salah seorang peserta training, Hilmi Mukaffi Hardiansyah, mahasiswa FISIP UNS, ESQ sangat membantunya untuk berpikir lebih terbuka tentang hidup. Ia juga mengakui bahwa ESQ berperan membuka cakrawala lebih lebar dari sebelumnya.

Training yang menyadarkan mahasiswa untuk menjalankan sesuatu dimulai dari hati nurani dan memberikan semangat belajar, bukan hanya akademik, tapi juga non-akademik berupa soft skill, serta terus memberikan makna untuk kehidupan sekitar,” jelasnya. (Muhammad Zudin)