lpmkentingan.comProgram Magister Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta gelar Workshop Nasional Pendidikan di Aula Pascasarjana, Sabtu (28/11). Workshop yang dibuka langsung oleh Wakil Dekan III FKIP UNS Sapto Kunto Purwanto ini, mengangkat tema “Pengembangan Information, Communication, Technology (ICT) dalam Pembelajaran”.

Dalam sambutannya, Wakil dosen Program Magister Teknologi Pendidikan FKIP UNS Soeharno mengatakan tujuan diadakannya workshop untuk menambah khasanah dan wawasan profesi pendidik mengingat pentingnya penguasaan ICT dalam proses pembelajaran. Ia menambahkan kualitas pembelajaran peserta didik dapat ditingkatkan apabila pendidik memiliki kemampuan dalam mengembangkan ICT pada proses pembelajaran.

Workshop dimulai pukul 08.00 WIB dengan menghadirkan tiga pembicara. Pembicara pertama adalah Pengembang Teknologi Pembelajaran Madya Pusat Teknologi Komunikasi (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Purwanto. Dalam kesempatan tersebut, Purwanto berbicara mengenai tren media digital dalam pembelajaran. Pembicara kedua yaitu Ketua Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) Pusat Atwi Suparman yang memaparkan tentang implementasi ICT dalam pembelajaran. Sedang mengenai pengembangan ICT dalam pembelajaran disampaikan oleh pembicara ketiga yaitu Ketua Program Magister Teknologi Pendidikan FKIP UNS Nunuk Suryani.

Salah satu peserta mengatakan workshop ini bermanfaat untuk dapat menerapkan ICT dalam proses pembelajaran. “Ingin mendapatkan inspirasi dan wawasan mengenai pengembangan ICT dalam pembelajaran sehingga bisa menerapkan pembelajaran berbasis ICT ketika saya mengajar,”ujar Sudianto (58) yang juga sebagai dosen Program Magister Sejarah FKIP UNS. (Nafi)