> Kabar > Tim Bengawan UV UNS Torehkan Prestasi dalam Kontes Kapal Terbesar di Indonesia
Foto: Agata Winda Sylvianisa

Tim Bengawan UV UNS Torehkan Prestasi dalam Kontes Kapal Terbesar di Indonesia

Oleh: Agata Winda Sylvianisa

 

Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2018 menjadi lomba terakhir di tahun 2018 bagi Tim Bengawan UV UNS. Dalam lomba terakhirnya ini, Tim Bengawan UV UNS mampu meraih juara 2 dalam kategori Electric Remote Control mengalahkan 14 tim lainnya. KKCTBN tahun ini diselenggarakan di Sampang pada (17-20/11) dengan Politeknik Negeri Madura sebagai tuan rumah.

 

Tim Bengawan UV UNS kategori Electric Remote Control beranggotakan Evan Martono, Rizky Yudha Widya Arjuna, Abdillah Ebriel Lianto, dan Maria Nindy Alif Jodinesa. Kategori Electric Remote Control adalah kategori perlombaan adu cepat kapal kendali jarak jauh. Kapal dari Tim Bengawan UV UNS, Mandakini 2, mampu menorehkan catatan waktu yang cukup cepat sehingga mengantarkan tim ini menjadi juara 2. Pada tes kecepatan, Mandakini 2 mencatatkan waktu terbaiknya 13 detik. Sedangkan dalam tes manuver, Mandakini 2 mencatatkan waktu terbaiknya 1 menit 15 detik.

 

KKCTBN 2018 merupakan perlombaan terbesar pertama yang diikuti oleh Tim Bengawan UV UNS. Lomba ini diikuti oleh 45 tim dari perguruan tinggi se-Indonesia yang tentunya menjadikan perlombaan tingkat nasional ini lebih ketat.

 

“Perlombaan cukup ketat, pesertanya dari kampus-kampus terbaik di Indonesia. Apalagi biasanya tiap tahun hanya sekitar 30an peserta, tahun ini 45 peserta dan tentunya menjadikan perlombaan lebih ketat”, ungkap Evan Martono, pilot Mandakini 2.

 

Lomba yang diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenrisekdikti) ini telah dipersiapkan oleh Tim Bengawan UV sejak tahun 2017. Riset mengenai wahana telah dilakukan sejak 2 tahun terakhir untuk menghadapi kontes kapal terbesar di Indonesia ini.

 

“Sebagai pendatang baru hanya mencoba melakukan yang terbaik agar persiapan selama 2 tahun ga sia-sia”, tambah Evan Martono.

 

Pencapaian Tim Bengawan UV UNS pada KKCTBN 2018 merupakan pencapaian tertinggi yang pernah diraih. Menjadi juara di lomba yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti menjadi hal yang tidak disangka pada tahun pertama debut Tim Bengawan UV.

 

“Lomba KKCTBN 2018 ada senang, haru, dan ga nyangka bisa juara. Itu semua karena usaha kita, niat, dan yakin atas semua usaha yg kita jalani saat ini. Dibalik kesulitan pasti ada kemudahan”, jelas Hanif Rinaldi, General Manager Tim Bengawan UV.

 

Baca Juga

Dukungan Untuk Agni Kian Masif

Adhy Nugroho   Saluransebelas— Surakarta, Kamis (8/11) Aksi Kamisan Solo mengadakan aksi solidaritas kepada korban …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.