Surakarta (20/11) – Pertunjukan Pentas Produksi ke XIX digelar oleh Teater SOPO Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS). Bertempat di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah, pentas yang dihelat pada Rabu (19/11) malam kemarin mengambil judul “Sejatining Prasetyaku”.

Pementasan yang disutradarai oleh Rudyaso Febriadhi ini menceritakan tentang seorang pemuda yang mempertahankan idealismenya di tengah realita kehidupan. Pentas ini diadakan untuk membangkitkan gairah para penikmat pertunjukkan teater, serta menarik perhatian pelajar dan mahasiswa terhadap kebudayaan lokal.

Uniknya, seluruh pementasan ini menggunakan bahasa Jawa. Heri Santoso, selaku pimpinan produksi, mengatakan bahwa bahasa Jawa erat hubungannya dengan sopan santun dan tata krama.

“Sebagai orang Jawa kita wajib untuk melestarikannya,” tuturnya.

Para penonton pun tampak antusias menyaksikan pertunjukan tersebut. Menurut  salah seorang penonton, Rahmi, para pemain sangat menjiwai perannya masing-masing sehingga membuat penonton terbawa suasana. Rahmi juga berharap bahwa kelak Teater Sopo lebih sering mengadakan pertunjukkan di tingkat nasional dan mengharumkan almamater UNS.

“Ceritanya tidak membosankan. Kadang membuat penonton serius kadang juga tertawa. Ceritanya menarik. Walaupun saya tidak terlalu mengerti bahasaJawa, para pemain sanggup menjelaskan cerita hanya dari gerak tubuh,” ujar Rahmi, mahasiswa UNS. (Fadil dan Dimas)