(Shinta Oktaviani)

Surakarta, saluransebelas.com – Ratusan pengemar film Koala Kumal yang disutradarai Raditya Dika memadati aula Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Universitas Sebelas Maret (UNS), Selasa (19/07). Mereka rela berdesak-desakan untuk mengikuti jumpa fans dalam rangkaian promo film tersebut.

Keterbatasan daya tampung aula membuat pengunjung datang lebih awal agar dapat tempat duduk saat jumpa fans berlangsung. Pengunjung bukan hanya dari mahasiswa UNS saja, kebanyakan mereka adalah masyarakat umum yang mengaku penggemar film Koala Kumal. Hingga saat ini, Koala Kumal telah mencapai satu juta lebih penonton. Hal ini diketahui dari Instagram milik Raditya, @raditya_dika. Ia mengunggah gambar yang memberitahu mengenai jumlah penonton Koala Kumal.

Suasana aula yang padat dan semakin panas, serta kedatangan bintang tamu yang ditunggu tak kunjung tampak, membuat pengunjung jengkel. Kekecewaan pengunjung bertambah saat mengetahui bahwa sang pemain utama, penulis, serta sutradara film Raditya Dika berhalangan hadir pada jumpa fans siang itu. “Tadi datang lebih awal, karena takut penuh dan ternyata jam delapan yang lainnya (pengunjung) sudah mulai antri masuk. Sempet sedih dan kesel karena artisnya kena macet dan saat baca Twitter Bang Radit dia bilang kalau tidak bisa hadir jumpa fans di Solo ini,” ungkap Riana mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip UNS yang menanti kehadiran Raditya Dika.

Tampaknya kekecewaan ini dirasakan sebagian besar pengunjung yang datang, karena tujuan utama mereka ketemu langsung dengan sang penulis film. Namun kekecewaan itu segera lenyap ketika acara dibuka dengan penampilan akustik Sheryl Sheinafia membawakan soundtrack film Koala Kumal. Suasana semakin meriah ketika pemain lain memasuki aula, yaitu Regina Ringganis, Bene Dion, Yudha Keling, Rahmet Ababil, Tomy Limmm, dan Hifdzi Khoir. Film bergenre komedi dan sebagian besar pemainnya peserta ajang stand up comedy, menghibur pengunjung dengan gaya khas mereka dan membuat aula dipenuhi gelak tawa melihat tingkah para komedian.

Meskipun agak kecewa, sebagian besar pengunjung tetap senang bisa mendengar cerita dibalik layar pembuatan film Koala Kumal. “Rasanya kurang greget tanpa Raditya Dika, padahal yang paling ditunggu kan dia. Karena aku suka sama Yudha Keling, jadi tanpa Radit pun masih tetap terhibur. Pemain yang dateng banyak dan sebagian besar komika jadi lucu dan seru aja sih,” ungkap Anissa, salah satu pengunjung yang terhibur oleh pemain Koala Kumal yang hadir siang itu.[]