Saluransebelas – Social Political Education Art and Sport Tournament (SPECTRUM) kini hadir dengan tiga kompetisi yang  mewakili tiga aspek nilai yang mendasari penyelenggaraan acara. Tiga kompetisi tersebut adalah Lomba Essai tingkat Nasional dari aspek edukasi (education), Lomba Poster tingkat Nasional dari aspek seni (art) dan Kompetisi Bola Basket 3×3 lingkup UNS dari aspek olahraga (sport).

 

SPECTRUM merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (BEM FISIP UNS) sejak tahun 2017 dan kini telah menginjak tahun ketiga penyelenggaraan.

 

Tema yang dipilih untuk SPECTRUM kali ini adalah “Reksa Bhuana”, yang memiliki arti menjaga bumi untuk kehidupan yang lebih baik. Pemilihan tema untuk acara ini pun dijelaskan bahwa tema SPECTRUM kali ini merujuk pada keadaan dan kondisi lingkungan yang kini semakin rusak dan tercemar. Atas dasar hal tersebut, tema ini dipilih dengan tujuan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat—terutama mahasiswa UNS—untuk turut serta menjaga keadaan dan kondisi lingkungan.

 

Rangkaian acara yang diselenggarakan oleh BEM FISIP UNS ini sejatinya sudah dimulai sejak Senin (8/4) silam. Hal tersebut ditandai dengan dimulainya pendaftaran dan pengumpulan karya untuk lomba Essai dan lomba Poster serta pendaftaran kompetisi bola basket 3×3. Namun, pembukaan SPECTRUM secara resmi dan simbolik baru diselenggarakan pada Minggu, (28/4) bersamaan dengan penyelenggaraan kompetisi bola basket 3×3 di GOR UNS.

 

Terlepas dari tujuan tema yang diangkat, penyelenggaraan SPECTRUM juga memiliki tujuan tersendiri yang khusus menyasar mahasiswa UNS. Hal ini disampaikan oleh ketua panitia tahun ini, Waskito Krisna Aji sekaligus mahasiswa Ilmu Komunikasi 2018, bahwa ia dan teman-temannya berharap dengan adanya acara SPECTRUM ini dapat menjadi salah satu tempat penyaluran minat dan bakat oleh mahasiswa UNS. Dan ia pun juga berharap jika acara ini dapat didukung dan dinikmati oleh seluruh civitas akademika UNS sebagai salah satu agenda acara yang menyemarakkan kehidupan kampus.

 

“Tentu saja kami berharap acara SPECTRUM ini dapat menjadi tempat untuk menyalurkan minat dan bakat para mahasiswa UNS, entah yang masuk kategori edukasi, seni maupun olahraga. Dan untuk yang olahraga basket, karena tidak ada UKM tingkat Universitas yang resmi, maka kami berharap dengan adanya kompetisi bola basket 3×3 ini, maka nantinya dapat menyatukan seluruh komunitas basket di UNS dan berkompetisi dengan profesional,” jelas Waskito.[]

 

Reporter: Damar Aji Pangestu