Solo International Performing Arts tahun kelima resmi dibuka Jumat (20/9/2013) malam. Bertempat di Benteng Vastenburg, acara yang mengambil tema The Legend, History of World Culture ini berhasil memukau ribuan pasang mata.

Acara dimulai sekitar pukul 19.30 dengan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya. PagelaranSanggar Seni Tanadoang dari kepulauan Selayar yang bercerita tentang “Legenda Gong Nekara Selayar” menjadi penampil perdana, kemudian diikuti delegasi dari Swedia, Virpi Pahkinan, yang membawakan tarian bak seekor laba-laba. Sambutan Ketua Penyelenggara SIPA Irawati Kusumorasri dan Walikota Surakarta Fx Rudiyatno meresmikan pembukaan yang diikuti dengan pemukulan gong bersama-sama dan pesta kembang api.

Opening Ceremony dimulai dengan tarian tarian maskot SIPA 2013 yaitu Ratu Sima yang diperankan oleh Rachel Georghea Sentani, Putri Solo 2010 yang juga finalis  Putri Indonesia 2012.

Pertunjukan yang bertemakan cerita rakyat, sejarah, dan karya seni budaya dilanjutkan dengan Noreum Machi dari Korea Selatan. Penonton dibuat tercengang dengan penampilan cengkok indah dan panjang dari alat serupa seruling dari Korea Selatan ini. Penonton masih antusias saat beberapa kontingen lain seperti Padnecwara dari Jakarta dan China Oriental Performing Arts dari Cina menyuguhkan seni dari berbagai kebudayaan dunia.

Pagelaran yang rencananya digelar hingga Minggu (22/9/2013) mendatang masih menyimpan penampil-penampil dari berbagai dunia yang sayang untuk dilewatkan.