lpmkentingan.com — Tahun ini bisa dibilang merupakan tahun spesial bagi Universitas Sebelas Maret (UNS). Pasalnya, universitas yang salah satu lokasinya berada di Jalan Ir. Sutami, Kentingan ini merayakan ulang tahun yang berbarengan dengan terpilihnya kembali Ravik Karsidi sebagai rektor UNS. Beragam acara pun digelar untuk menyambut ulang tahun UNS yang ke-39. Dengan puncak acaranya sidang senat terbuka yang diselenggarakan di Auditorium UNS pada Rabu (11/3).

Dalam sidang senat terbuka, Ravik memaparkan tentang Rancangan Untuk Jangka Panjang (RUJP) UNS hingga tahun 2031 dan hasil laporan keuangan UNS yang telah selesai diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan. “Untuk RUJP, kita merencanakan pembuatan beberapa fakultas baru, yakni Fakultas Ilmu Olahraga, Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan, dan Fakultas Psikologi.” Terkait dengan hasil laporan keuangan, rektor yang sedang menjabat periode kedua ini mengatakan, “Hasil laporan keuangan kita tahun ini adalah Wajar Tanpa Pengecualian(WTP).”

Sidang senat tersebut dihadiri oleh mantan rektor UNS sebelumnya, Samsul Hadi. Selain itu, hadir pula Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Muhammad Nasir yang mewakili Presiden Joko Widodo. Ia memberikan apresiasi yang sangat besar kepada UNS pada perayaan Dies Natalis ke-39 ini. “Universitas Sebelas Maret pada hari ini telah merayakan ultah ke-39. Usia sangat muda untuk sebuah perguruan tinggi di Indonesia. Walaupun muda, tetapi sudah bisa menorehkan prestasi,” puji Muhammad Nasir. Dalam pidatonya, Nasir memaparkan tentang pertumbuhan ekonomi di Indonesia. “Pertumbuhan ekonomi di Indonesia sudah mencapai 16 besar di dunia tahun 2012. Dari segi pertumbuhan, itu tergolong pesat.”

Pada momen bersejarah tersebut, UNS  juga memberikan penghargaan tertinggi kepada Chairul Tanjung, CEO CT Corp. “Penghargaan Tertinggi Parasamya Anugraha Dharma Kriya Baraya diberikan kepada Chairul Tanjung sebagai pelopor pengembang sosiopreneur di Indonesia,” tutur Ravik saat membuka sidang senat terbuka. Ravik menambahkan penghargaan juga diberikan kepada doktor baru UNS dan 11 alumni berprestasi.

Setelah pemberian penghargaan Parasamya Anugraha Dharma Kriya Baraya oleh Ravik, Chairul Tanjung menyampaikan beberapa patah kata dalam pidatonya. Tak lupa Chairul menyampaikan harapannya untuk UNS, “Harapannya, semoga UNS semakin maju dan berkembang agar mampu mencetak lebih banyak wirausahawan-wirausahawan unggul yang bermanfaat bagi bangsa dan negara,” ujar CEO TRANS Corp ini.

Acara tersebut diakhiri dengan penandatanganan MoU kerjasama oleh Ravik Karsidi dengan 4 instansi yaitu University of South Australia (UNI SA), SEAGERLAND CO. LTD Jepang, PT. NIPRESS Tbk dan Pemerintah Kabupaten Ngawi. (Gilar)