Tryout USM STIS, UM UGM, dan UNS akan diadakan secara online hanya dengan Rp 35.000,00 saja.

Jakarta (14/4) – Platform persiapan ujian daring gratis yang dikembangkan oleh Ruangguru.com, tes.ruangguru.com, tengah bersiap menggelar serangkaian tryout akbar untuk para siswa tingkat akhir, baik SD, SMP, SMA, dan SMK. Dengan hadirnya fasilitas tryout ini, para siswa dapat menguji kapasitas diri guna menyambut ujian masuk perguruan tinggi, baik ujian SBMPTN atau pun ujian mandiri di masing-masing perguruan tinggi yang dituju.

Saat ini, dengan bekerja sama dengan dinas pendidikan di berbagai propinsi, tes.ruangguru.com telah sukses menggelar berbagai tryout yang melibatkan lebih dari 8.000 siswa SD, SMP, SMA, dan SMK. Beberapa wilayah yang telah menjadi tempat digelarnya tryout ini, antara lain Yogyakarta, Sleman, dan Tangerang Selatan.

Persaingan antar calon mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi favorit mereka kian meningkat hingga tahun 2016 ini. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) mencatat sejumlah lebih dari 25.000 calon mahasiswa yang mengikuti Ujian Saringan Masuk STIS pada tahun 2015. Sementara tidak lebih dari 500 mahasiswa saja yang dapat diterima di STIS.

Hal serupa terjadi pada Ujian Tulis (UTUL) Universitas Gajah Mada. Pada tahun 2015 lalu, tercatat sejumlah 28.603 peserta ujian yang mengikuti UTUL di empat kota berbeda, yakni Yogyakarta, Balikpapan, Pekanbaru, dan Jakarta. Sementara tidak lebih dari 7.000 peserta yang dapat diterima melalui jalur UTUL UGM.

Begitu pula dengan kompetisi memasuki Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS). Tahun ajaran 2015/2016 lalu tercatat lebih dari 30.000 mahasiswa UNS yang terdaftar. Sementara setiap tahunnya Indonesia memiliki lebih dari dua juta siswa lulusan SMA/Sederajat.

Untuk meningkatkan kapasitas lulusan SMA dalam rangka memasuki perguruan tinggi, terutama STIS, UGM, dan UNS. Tes.ruangguru.com mengadakan tryout pada tanggal-tanggal yang telah ditentukan:

Tryout USM STIS: 30 April-4 Mei 2016

Tryout UM UGM: 7-8 Mei 2016

Tryout UNS: 16-22 Mei 2016

Ketiga tryout ini akan dilaksanakan secara online melalui tautan ini http://tryout.ruangguru.com. Hanya dengan membayar senilai Rp 35.000,00 saja, siswa SMA dapat menguji kemampuan diri untuk masuk ke STIS, UGM, dan UNS. Khusus untuk USM STIS, Ruangguru.com bekerja sama dengan Senat Mahasiswa STIS dan UKM Bimbel STIS untuk menghadirkan pula tryout ini dengan jalur luring (offline).

“Pengalaman mengerjakan tryout di Ruangguru.com tentu saja lebih mudah dan praktis bila dibandingkan dengan lembaga-lembaga lainnya. Kalian bisa mengerjakannya di mana saja yang terdapat koneksi internet,” tutur Muhammad Ghazzian, Manajer tes.ruangguru.com.

Muhamad Ghazzian menambahkan, “Peserta tryout dapat mengerjakan soal-soal menggunakan berbagai perangkat, seperti komputer, tablet, dan HP. Ruangguru.com pun menyediakan nilai dan pembahasan yang lengkap, sehingga setelah mengerjakan soal siswa tak perlu mengalami kesulitan untuk sesi pembelajaran berikutnya.”

Lebih dari sekedar tryout, tes.ruangguru.com akan memberikan para peserta analisa performa latihan berbasis topik, sehingga peserta dapat mengetahui kekuatan, kelemahan dalam pengerjaan tes, dan topik-topik pembelajaran.

Selain itu, para peserta juga dapat menerima hasil pemantauan manajemen waktu, diikuti dengan laporan yang komprehensif. Gunanya, para peserta dapat memahami kemampuan diri saat mengerjakan soal-soal dibandingkan dengan ketersediaan waktu. Sebagai tambahan, tes.ruangguru.com akan menyajikan daftar peringkat dari para peserta tryout di akhir masa tryout.

Tidak perlu khawatir terhadap kompetisi memasuki perguruan tinggi favorit, bila calon mahasiswa telah menguji kemampuan diri melalui tryout ini. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi langsung http://tryout.ruangguru.com.[]

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi:

Kartika Adyani

Marketing Content Associate

Ruangguru.com

085711128495

[email protected]