Solo – (12/9) Solo International Performing Art (SIPA) kembali mengundang antusiasme warga Surakarta dan sekitarnya. Pertunjukan seni kontemporer yang dibawakan para seniman dalam maupun luar negeri berhasil menghibur ribuan pasang mata yang memenuhi area benteng vastenburg sejak kamis malam. Tata panggung yang dibuat berbeda dengan tahun sebelumnya turut menambah daya tarik masyarakat untuk berbondong- bondong datang ke acara pertunjukan seni yang diisi oleh beberapa negara tetangga tersebut.

“Acaranya asik. Ada ciri khas tersendiri dalam pertunjukan yang ditampilkan setiap delegasi.” Ujar Arif (21) salah seorang pengunjung yang merupakan mahasiswa asal kalimantan selatan dan baru pertama kali mengikuti acara akbar tahunan kota Surakarta ini.

Mengusung tema Generation Of World Culture, SIPA 2014 kali ini memang menjadi wadah bagi seniman muda dunia untuk menunjukkan eksistensinya. Dengan turut berpartisipasi dalam acara ini, mereka memperkenalkan ragam seni dan budaya dari berbagai belahan dunia. Dalam acara ini pula, mahasiswa dari beberapa institut seni di Indonesia menunjukkan kebolehannya pada penonton yang hadir.

Dalam kesempatan yang sama pula hadir mantan walikota Solo yang kini menjadi presiden terpilih, Joko Widodo. Jokowi terlihat datang dengan didampingi istrinya, Iriana. Kedatangan calon orang nomor satu di Indonesia tersebut sontak mengundang perhatian seluruh pengunjung. Begitu juga dengan setiap performer, mereka mengaku bangga dan senang dapat menunjukkan penampilan terbaiknya di depan sang insinyur. (Wiwin)