Surakarta, lpmkentingan.com – Hingga H-1  pelaksanaan South East Asian University Karate Championship, Semar Cup IX 2015, belum ada satupun kontingen asing yang mendaftar. Sebelumnya, kontingen Brunei Darussalam, Malaysia, Timor Leste, dan Filipina berencana untuk  ikut serta dalam kejuaraan karatedua tahunan tersebut. Namun setelah dikonfirmasi ulang, kontingen Brunei Darussalam, Malaysia, dan Timor Leste batal ikut serta karena mengikuti event di negara masing-masing. Sementara kontingen Filipina masih belum mengonfirmasi

Dalam konferensi pers Kamis (5/3), ketua panitia, Yuda Virgantara mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan jumlah peserta yang akan mengikuti kejuaraan tersebut. “Kami belum bisa memastikan jumlah peserta. Dari pengalaman tahun sebelumnya, peserta dari luar Jawa biasanya datang malam hari. Jadi kami akan tetap menerima pendaftaran hingga malam,” ujar Yuda.

Panitia menargetkan 550 atlet dari 90 perguruan tinggi akan ikut serta. Namun, hingga saat ini tercatat baru 274 atlet dari 49 kontingen telah mendaftarkan diri. Selain UNS sebagai tuan rumah, kontingen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu kontingen dengan peserta terbanyak.

Rangkaian Dies Natalis

Semar Cup 2015 merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan dalam rangkaian dies natalis UNS ke-39. Bertempat di GOR Sritex Arena Solo, Semar Cup 2015 akan digelar mulai 6 hingga 8 maret 2015. INKAI UNS sendiri menggelontorkan dana 350 juta rupiah dalam kejuaraan yang memperebutkan piala Menristekdikti ini. Total ada 17 kelas putra dan putri yang akan dipertandingkan.

Pembukaan Semar Cup 2015 akan digelar Jumat (6/3) pukul 13.00 WIB. Penampilan karateka, modern dance, tari jaipong, serta reog ponorogo akan menyemarakkan acara tersebut. UNS selaku juara bertahan menargetkan 7-8 medali emas dalam Semar Cup tahun ini. (Satya)