Sejumlah 31 peserta mengikuti workshop menulis di restoran Solo’s Bistro, Solo (6/10). Workshop yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia bekerja sama dengan nulisbuku.com dan Penerbit PlotPoint ini diselenggarakan di 12 kota di Indonesia, yakni Jakarta, Solo, Lampung, Banjarmasin, Kupang, Purwokerto, Ambon, Pontianak, Manado, Padang, Aceh dan Malang. Kegiatan ini diadakan berkaitan dengan adanya kompetisi menulis novel, cerpen fiksi, cerpen non-fiksi, dan puisi bertemakan “Merayakan Warna-Warni Indonesia”.

Brilian Yotenega selaku panitia yang berasal dari nulisbuku.com menjelaskan bahwa ini adalah kedua kalinya rangkaian kegiatan ini terselenggara. Kuota peserta untuk tiap kota sangat terbatas, hanya 50 peserta. Namun karena berbagai hal, banyak peserta yang pada akhirnya tidak dapat hadir.

“Kegiatan ini bertujuan mencari bakat menulis anak-anak Indonesia yang terpendam serta mengapresiasi bakat tersebut.” jelas Ega, panggilan akrab Brilian Yotenega.

Dalam kegiatan workshop, Rhein Fathia (penulis Bentang Pustaka) dan Arief Ash Shiddiq (Editor Penerbit PlotPoint) hadir sebagai pembicara. Berbekal pengalaman menulis empat novel solo, Rhein membagikan tips dan pengalamannya dalam menulis novel, sedangkan Arief membagikan tips menulis kreatif agar lolos seleksi editor.

Lebih lanjut, panitia berharap para peserta workshop menulis memahami tema yang diangkat dalam serangkaian kegiatan ini. Di samping itu, para peserta juga diharapkan mengikuti kompetisi dengan total hadiah 150 juta rupiah tersebut.

“Semoga para pemenang kompetisi berasal dari daerah dan khususnya Solo,” pungkas Ega saat memberikan sambutan acara. (Ain)