lpmkentingan.com – Kejuaraan karate antarmahasiswa Sebelas Maret Cup IX 2015 resmi dibuka hari ini, Jumat (6/3). Pembukaan yang berlangsung di GOR Sritex Arena Solo tersebut berlangsung meriah. Presiden Federasi Karate Asia Tenggara Hendardji Soepandji, didampingi Rektor UNS Ravik Karsidi, membuka kejuaraan dua tahunan ini.

Mengusung tema Culture in Your Life, Karate in Your Soul, kejuaraan ini akan digelar selama 3 hari ke depan. Tercatat 46 perguruan tinggi se-Indonesia ikut serta dalam kejuaraan yang merupakan rangkaian dies natalis ke-39 UNS ini. Dalam pidatonya, Hendardji Soepandji akan berusaha untuk mengenalkan Sebelas Maret Cup kepada universitas yang ada di Asia Tenggara. “Saya akan mengajak karateka-karateka dari Asia Tenggara untuk dapat berlaga di Sebelas Maret Cup ini,” kata Hendardji.

Acara pembukaan juga dimeriahkan oleh penampilan dari karateka-karateka cilik, modern dance, tari jaipong kreasi, dan kesenian reog. Dalam konferensi pers yang digelar Kamis (5/3), ketua panitia Yuda Virgantara, mengaku optimis Sebelas Maret Cup IX 2015 akan berlangsung meriah. Total anggaran 350 juta rupiah telah digelontorkan untuk menyelenggarakan kejuaraan ini. “Total biaya 350 juta. Itu kami dapat dari pihak universitas, sponsor, serta instansi pemerintahan lainnya,” ujar Yuda.

Sementara itu, hari ini telah dipertandingkan kategori kata perseorangan putra, kata perseorangan putri, kata beregu putra, kata beregu putri, kumite putra, dan kumite putri. Selanjutnya, selama tiga hari ke depan, Sebelas Maret Cup akan berlangsung pukul 08.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB. (Satya, Fika)