lpmkentingan.com-Sejumlah 25 mahasiswa angkatan 2015 yang tergabung dalam Sekolah Angkatan Muda (SAM) BEM FH UNS Surakarta gelar aksi dan musikalisasi puisi di Boulevard UNS, Kamis (10/12) siang. Aksi dan musikalisasi puisi tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM).

Bekerjasama dengan teater Delik, para mahasiswa yang mengikuti SAM melakukan orasi, sedang perwakilan dari teater Delik melakukan musikalisasi puisi. Seusai aksi dan musikalisasi puisi di Boulevard UNS, para mahasiswa tersebut beramai-ramai ke Gedung 3 Fakultas Hukum UNS untuk selanjutnya mengadakan pemutaran dan diskusi film The Look of Silence. Sebelum pemutaran film, ada penampilan dari teater Sopo asal FISIP UNS.

Dalam kesempatan tersebut, hadir sebagai pembicara Rehnalemken Ginting, dosen FH yang juga sebagai mantan hakim dan Sapto Nugroho atau yang akrab disapa Om sapto, seorang aktivis Difabel. Didampingi moderator Wardiyanto, dosen Fakultas Hukum bidang kenotariatan, diskusi berjalan begitu hangat. Diskusi dimulai dari permasalahan yang ada pada film The Look of Silence kemudian dilanjutkan dengan kejadian nyata HAM yang terjadi di Indonesia.

Dengan diadakannya kegiatan tersebut, Ketua Panitia Yenny Azyra berharap penegakan hukum di Indonesia dapat berjalan dengan baik. “Kita juga berharap dengan adanya rangkaian acara ini penegakan HAM di Indonesia nggak lagi disepelekan,”ujar mahasiswa FH angkatan 2015 tersebut. (Jihan Nuha)