Surakarta (30/11) – Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (PKMM TM) merupakan salah satu program kerja tahunan dari Ikatan Mahasiswa Geografi (IMAHAGI) regional 3, Jawa Tengah. Pendidikan Geografi UNS menjadi tuan Rumah PKMM TM pada tahun 2014 dengan mengangkat tema  “Merintis Generasi Pembaharu Geograf Berbudaya”. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, 28-30 November 2014 di Area FKIP UNS, dan diikuti oleh 96 peserta dari 9 komisariat (UNS, UMS, UGM, UNY, UNNES, IKIPVET, UNIVET, UNWIDHA dan UMP).

“PKMM TM ini merupakan langkah pertama sekaligus salah satu syarat menjadi pengurus IMAHAGI wilayah Jateng-DIY,” ujar Chairul Rahmat, Koordinator Wilayah Imahagi Regional 3

Serangkaian acara PKMM TM diawali dengan diskusi tentang sikap geograf dalam menanggapi kenaikan harga BBM, Jumat (28/11). Kegiatan dilanjutkan dengan materi sejarah IMAHAGI, geopolitik, geoenvironmental, jaringan komunikasi, advokasi, kepemimpinan dan diskusi tentang reklamasi Tanjung Benoa serta hiburan dari Merah Bercerita pada hari Sabtu (29/11). Rangkaian kegiatan ini diakhiri pada hari Minggu (30/11) dengan simulasi aksi dan field trip ke Keraton Surakarta dan Kampung Batik Kauman.

“Acaranya menarik dan benar-benar melatih kepemimpinan salah satunya dengan simulasi aksi tadi,” tutur Agung Priaji, salah satu peserta perwakilan dari komisariat UM Purwokerto. (Risma)