80workshop_pelatihan

Sabtu (13/4), Center of Social and Political Research (Censor) FISIP UNS menggelar workshop pelatihan proposal penelitian. Workshop bertemakan ”Research for Your Life” tersebut diselenggarakan Sabtu, 13 April 2013 pukul 08.30 hingga 14.30 dan bertempat di Ruang Seminar FISIP UNS. Acara tersebut dilaksanakan untuk memberi pengetahuan dan memotivasi mahasiswa UNS untuk aktif melakukan penelitian.

Eka Nada Shofa Alkhajar, S.Sos, M.Si ditunjuk sebagai pembicara dalam workshop tersebut. Beliau memaparkan banyak hal berkaitan dengan penelitian, khususnya metode kualitatif. Dosen muda Ilmu Komunikasi tersebut juga menjelaskan beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam membuat proposal penelitian. “Kesalahan yang sering dilakukan adalah menentukan judul dahulu sebelum menemukan masalah yang akan diteliti”, kata beliau.

Sebelum menentukan judul sebaiknya merumuskan masalah apa yang akan diteliti. Banyak mahasiswa yang menentukan judul dahulu kemudian mereka bingung dalam merumuskan masalah. Namun dalam beberapa kasus bukan masalah yang diutamakan, justru judul lebih menentukan menarik tidaknya suatu penelitan. “Untuk PKM, judul merupakan yang pertama dilihat”, ujar Eka Nada Shofa. Itulah tantangan bagi mahasiswa untuk lebih giat membuat suatu penelitian yang menarik dan bermanfaat tentunya.

Seperti workshop pada umumnya, para peserta juga langsung melakukan praktik membuat proposal penelitian. Peserta workshop dibagi menjadi beberapa delapan tim dengan setiap tim beranggotakan lima hingga delapan orang. Setiap anggota saling berdiskusi dan wajib menghasilkan sebuah proposal penelitian untuk timnya. Kemudian tiga tim ditunjuk maju ke depan untuk mempresentasikan proposalnya. Proposal penelitian mereka umumnya mengkaji tentang fenomena sosial seperti long distance relationship (LDR), media massa yang dirangkul partai politik, dan uji teori spiral of silence. (Udji Kayang)