Surakarta (11/11) – Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) kembali menyelenggarakan event tahunan Pekan Olahraga Sipil (POS). Mengusung tema Fun and Unity in Sportive Emulation (FUSE), POS 2014 diharapakan dapat menjadi penyatu keluarga besar mahasiswa Teknik Sipil. Mahasiswa-mahasiswi dari empat angkatan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Resmi dibuka pada 3 November yang lalu, POS tahun ini mempertandingkan lima cabang, yaitu basket, tenis meja, voli, dan lari estafet. Selain penghargaan kejuaraan di setiap cabangnya, juga akan diberikan penghargaan kepada supporter terbaik. Kegiatan semacam ini bertujuan sebagai penyeimbang mahasiswa teknik yang selama ini identik dengan hal-hal yang eksak.

Biar mahasiswa teknik keluar sejenak dari otak kiri, terus mengisi otak kanan. Ya, biar seimbang,” ujar ketua POS 2014, Afri.

Penyelenggaraan POS tahun ini bukan tanpa halangan. Cabang sepak bola dan futsal yang tahun lalu dipertandingkan, tahun ini tidak mendapat restu dari pihak jurusan. Faktor keamanan menjadi alasan.

“Tahun ini cabang sepak bola dan futsal terpaksa nggak dipertandingkan. Soalnya, nggak dapet support dari pihak jurusan,” tambah Afri. Meski demikian hal ini tidak mengurangi kemeriahan POS 2014.

Bersamaan dengan POS, HMS juga menyelenggarakan Civil Art Competition. Berbagai kompetisi seperti Civil Cooking, Mural Angkatan, Civil Got Talent, dan Photography Contest menambah deretan event yang diselenggarakan HMS. Final sekaligus penutupan POS 2014 dan Civil Art Competition akan dilaksanakan Minggu, (16/11) di GOR UNS. (Muhammad Satya)