KEJUARAAN karate antar mahasiswa se-Asia Tenggara besutan INKAI Universitas Sebelas Maret (UNS), “Sebelas Maret Cup X “, dinyatakan telah siap 80%. Hal ini diungkapkan oleh Ratna Dwi Ambarwati, panitia acara tersebut, Selasa, (22/03). Menurutnya, kejuaraan yang diselenggarakan tiap dua tahun sekali ini telah sampai pada tahap persiapan final. “Tanggal 23 dan 24 Maret sudah jadwal registrasi on desk, tempatnya di Student Center UNS” katanya.

 

Dalam tahap registrasi ini, Ambar optimis akan menerima sekira 80 orang kontingen yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Meski begitu sampai saat ini yang mengkonfirmasi keikutsertaannya baru 40 orang mahasiswa dari Indonesia dan tiga orang dari luar negeri, yakni Malaysia, Singapura dan Brunai.

 

“Masalah kontingen itu termasuk kendala yang masih kami hadapi, agak sulit mencari kontingen lebih banyak dari Asia Tenggara. Beberapa negara di Asia Tenggara seperti Filipina dan Thailand justru tidak punya kontingen karate yang berstatus mahasiswa,” ujar Lilis Fitriyani, yang juga panitia dari acara tersebut.

 

Hal ini disebabkan pula oleh pembatasan biaya dari pihak kampus. Lilis mengaku, bahwa untuk menyelenggarakan kejuaraan bertaraf internasional kampus belum bisa mendanai. Namun Lilis dan Ambar kompak berharap jika acara ini nantinya berjalan dengan lancar, sesuai dengan yang telah direncanakan.[]