Surakarta (10/12) – Guna memperingati hari Hak Asasi Manusia yang jatuh tanggal 10 Desember, Liar Liar Film mengadakan acara menonton bersama film “Senyap” di ruang  14, Gedung 2, lantai 3 FISIP UNS. Film dokumenter karya Joshua Oppenheimer ini menceritakan seseorang yang berusaha mencari pengetahuan tentang bagaimana kakaknya terbunuh dan siapa yang membunuhnya pada saat terjadinya peristiwa G-30S/PKI.

Kegiatan menonton film bersama ini bertujuan untuk membuka mata para penonton untuk melihat lebih jauh ke dalam peristiwa G-30S agar tidak hanya terpaku pada sejarah yang umumnya sering diceritakan. Walaupun sempat terjadi ganggun listrik mati, namun pemutaran tetap terus berlanjut. Setelah menonton film para penonton diajak untuk berdiskusi tentang film tersebut untuk mengeluarkan ide yang didapat setelah menonton.

Menurut Wida, salah satu penonton film ini sangat fenomenal dan sesuai dengan judulnya. “Sosok Adi dalam film tersebut memang keren. Ia mampu bersabar bahkan memaafkan pelaku tersebut walaupun hatinya bergejolak,” tuturnya.

Selain diputar di FISIP UNS, film ini juga akan diputar di FH UNS, FKIP UNS, dan tempat lain di wilayah Solo. Film ini juga akan diputar serentak di seluruh Indonesia dan umumnya diadakan oleh lembaga jaringan Komnas HAM dan lembaga lainnya. (Dimas)