lpmkentingan.com-Dalam rangka mempersiapkan pesta demokrasi di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dewan Mahasiswa (DEMA) UNS melantik anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) UNS 2015 pada Selasa (15/09). Bertempat di ruang sidang FMIPA UNS, pelantikan tersebut dihadiri oleh delegasi partai mahasiswa, salah satunya adalah Partai Bara Mahasiswa yang merupakan partai baru.

Anggota KPU dan Panwaslu dipilih dari mahasiswa umum, yang mana bukan merupakan anggota DEMA maupun partai dan pengurus BEM UNS. Mekanisme pemilihan anggota KPU dan Panwaslu berlangsung hampir selama dua minggu. Tahap pertama adalah pendaftaran dan pemberkasan, kemudian dilanjutkan dengan wawancara. Penentuan anggota terpilih dilakukan oleh pihak DEMA dalam pembahasan forum sampai akhirnya terpilih semua anggota KPU dan Panwaslu UNS pada Senin (14/09) lalu.

Pelantikan anggota KPU dan Panwaslu UNS tersebut mengangkat tema “Ciptakan Warna-warni Demokrasi di Kampus Hijau UNS”. Menurut Ketua DEMA UNS Hikmatyar Abdul Aziz, pengambilan tema dimaksudkan agar Pemira UNS periode selanjutnya diwarnai dengan peran-peran positif dari perangkat Pemira sekaligus sebagai wadah untuk memberikan pembelajaran politik yang nyata kepada mahasiswa.

Pada pelantikan anggota KPU dan Panwaslu UNS ini terpilih sebelas anggota KPU dan lima belas anggota Panwaslu. Namun untuk Ketua KPU maupun Panwaslu belum ditentukan, karena belum ada keputusan dari anggota KPU dan Panwaslu untuk memilih ketuanya. (Tiara)