Deretan karya seni rupa tertempel di dinding Balai Soejatmoko, Jl. Slamet Riyadi 284, Solo. Tak hanya lukisan di atas kanvas saja yang dipajang di Pameran Ilustrasi Cerpen Kompas 2013, lukisan di atas berbagai media dan karya tiga dimensi juga turut meramaikan penampilan 48 karya seni rupa tersebut. Ke-48 karya yang ditampilkan tentunya merupakan hasil seleksi ketat oleh para kurator Kompas selama tahun 2012 kemarin.

Acara yang berlangsung sejak Minggu, 8 September sampai dengan Jumat, 13 September 2013 itu merupakan agenda rutin sejak tahun 2009, hasil kerjasama antara Kompas Gramedia dengan Bentara Budaya sebagai wujud apresiasi seni pada karya para perupa cerpen harian kompas. Tidak hanya di Solo, karya-karya tersebut telah di pamerkan di Jakarta dan Yogyakarta, dan nantinya akan di pamerkan pula di Gianyar, Bali.

Selama pameran yang di buka pukul 09.00 sampai 22.00 WIB, pengunjung terlihat antusias dan banyak berdatangan. “Pameran ini gratis dan terbuka untuk umum. Saya harap dengan adanya pameran seni rupa ini teman-teman perupa di Solo bisa bangkit dan memunculkan karya-karyanya yang selama ini belum nampak dibanding dengan perupa di kota-kota lain”, ujar Yunanto Sutyastomo selaku panitia. (Metika & Aisyah)