lpmkentingan.com- UKM Studi Ilmiah Mahasiswa (SIM) UNS menggelar Seminar Nasional bertemakan “Optimalisasi Riset Indonesia Untuk Mewujudkan Kemandirian Bangsa” di aula Gedung F FKIP UNS, Minggu (06/03). Seminar Nasional yang diikuti sekitar 290 peserta tersebut merupakan salah satu rangkaian acara sekaligus sebagai penutupan acara FILM (Festival Ilmiah Mahasiswa) 2016. Hadir sebagai pembicara yaitu ketua Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia (MITI) Yogyakarta Edi Suharyadi, peraih Habibie Award 2015 Wisnu Jatmiko, dan ketua LPPM UNS Sulistyo Saputro.

Dalam paparannya, Edi Suharyadi menjelaskan tentang tantangan dan perkembangan riset yang dialami oleh mahasiswa. Kemudian dilanjutkan materi tentang peran mahasiswa dalam riset di Indonesia oleh Wisnu Jatmiko. Penyampaian materi ditutup dengan peran mahasiswa dalam riset menuju World Class University yang disampaikan oleh Sulistyo Saputro.

Optimalisasi riset dipilih sebagai tema untuk menumbuhkan semangat riset kepada para mahasiswa di Indonesia. “Supaya mahasiswa mulai sadar akan riset dan mendorong mereka melakukan riset dengan para dosen-dosennya sesuai bidang masing masing,”terang Dian Nafiah selaku panitia acara. Dian menambahkan hal ini juga menjadi permasalahan riset di UNS. “Atmosfer riset di UNS masih rendah, jadi kita memutuskan mengangkat tema tentang riset. Kita ingin membidik riset mahasiswa menumbuhkan semangat riset,”jelasnya.

Festival Ilmiah Mahasiswa

Festival Ilmiah Mahasiswa (FILM) 2016 merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh UKM SIM sejak tahun 2010. Serangkaian acara ikut memeriahkan FILM yaitu Expo, Paper Competition, Essay Competition, WPAP Competition, dan Seminar Nasional pada Kamis-Minggu (03-06/03).

Pada hari Kamis (03/03), 10 tim finalis Paper Competition dan Essay Competition diundang untuk datang ke Solo untuk melakukan Technical Meeting. Kemudian esok paginya, Jumat (04/03) Rektor UNS Ravik Karsidi membuka acara FILM yang bertempat di Student Center (SC) UNS. Seusai pembukaan, peserta Paper Competition dan Essay Competition melakukan presentasi. Selain itu, ada pula kegiatan Expo yang juga digelar di SC. UNS terpilih FILM dilanjut Expo dan presentasi peserta Paper Competition dan Essay Competition. Sabtu (05/03) peserta melakukan kegiatan tour kota Solo. FILM berakhir pada Minggu (06/03) dengan puncak acara seminar nasional dan pengumuman juara lomba. FILM tak hanya dimeriahkan oleh kalangan mahasiswa UNS, tapi juga dari berbagai mahasiswa dari luar Solo dan umum. (Syaumi)