Judul                           : My Idiot Brother

Tahun Rilis                  : 2014

Sutradara                     : Alyandra

Pemain                        : Adila Fitri, Ali Mensan, Cindy Fatika Sari, Donny Kesuma, Aaron Ashab,     Kimberly Ryder, Meri Riana

Genre                          : Drama

Produksi                      : Film One Production

 

Bagaimana jika Tuhan menganugerahkan kita anggota keluarga yang memiliki kekurangan? Masihkah kita mau menerima anugerah itu? Diadaptasi dari novel best seller karya Angel Davonar. Film My Idiot Brother dianggap akan menuai kesuksesan sama seperti novelnya. Film ini bertema drama yang dikemas apik dan sederhana.

Dimulai dengan diketahuinya kondisi anak pertama dari sepasang suami istri, Hendra, yang masih balita. Adegan dimulai saat Hendra lahir dan membawa kebahagiaan untuk keluarga kecil itu, namun saat Hendra mulai tumbuh dan berkembang, dokter memvonis Hendra mengalami keterbelakangan mental atau menjadi anak yang berkebutuhan khusus. Memulai cerita awal yang tidak terlalu lama, begitu singkat tapi sudah menjelaskan apa yang telah terjadi. Masalah muncul ketika lahir anak kedua, yakni adik dari Hendra, Angel.

Kisah haru dimulai dengan latar Angel yang sudah menginjak usia 15 tahun, sebagai seorang remaja putri yang sudah memulai kehidupan remaja layaknya teman-teman seusianya. Angel yang sudah mulai mengenal kehidupan remaja merasa malu pada keadaan sang kakak, Hendra. Angel tidak pernah mempedulikan sang kakak. Namun hal ini berbeda dengan Hendra, dia selalu mengasihi adiknya. Dia tidak pernah sekalipun merasa kesal pada adiknya. Adegan yang sering ditampilkan dimana Hendra setiap pagi selalu membawakan segelas susu untuk Angel, walaupun Angel sendiri tidak pernah mempedulikan kakaknya.

Konflik bertambah ketika dihadirkan kisah asmara remaja yang dikemas dengan komedi sederhana namun tidak melupakan nilai moral. Ini semakin memperlihatkan cerita dari film ini memang dikemas sederhana dan santai. Pertikaian antara Angel dan kakaknya dimulai saat Angel tidak mengakui kakaknya didepan teman-temannya. Saat itulah Angel marah pada Hendra, namun Hendra hanyalah kakak yang ingin membuat adiknya bahagia, walaupun apa yang dilakukan Hendra selalu dianggap menyusahkan oleh Angel.

Di ujung cerita, kita dihadapkan pada adegan dimana Hendra dan Angel mengalami kecelakaan. Dan hal ini membuat salah satu dari mereka tidak terselamatkan. Lalu apa yang terjadi pada mereka berdua?

Film ini diadaptasi dari novel karya Agnes Davonar yang juga membuat drama menyentuh, “Surat Kecil untuk Tuhan” tahun 2011. “My Idiot Brother” disutradarai oleh Alyandra yang sudah mulai tayang sejak awal Oktober 2014. Durasi dari film yang hanya 97 menit, namun memberikan kesan nyaman untuk penonton. Dikemas ringan, sederhana dan apik dan melihat bagaimana peran kedua orang tua Hendra dan Angel dalam bersikap, melihat bagaimana hubungan persaudaraan Angel dan Hendra, semua dikemas sesuai porsinya.

Terlebih pemeran Angel yakni Adila Fitri, dalam kisah nyata memang memiliki kakak yang berkebutuhan khusus. Dan Ali Mensan yang berperan sebagai Hendra juga mampu menghidupkan perannya sebagai pemuda 22 tahun yang berkebutuhan khusus. Ini semakin membuat drama ini begitu hidup. Film ini menjadi tontonan keluarga yang berkualitas. Penonton sudah dipastikan akan menitikkan air mata ketika keluar selesai menonton film ini. (Lya)