lpmkentingan.com – Bertepatan dengan ulang tahun SMI (Sekolah Musik Indonesia) di bulan Maret, SMI Solo menyelenggarakan Music Technology Concert bertemakan “Unmute The Digital Power”. Konser tersebut diselenggarakan selama empat hari, yaitu dari tanggal 12 Maret 2015 hingga 15 Maret 2015 di Hartono Lifestyle Mall Solobaru, Sukoharjo.

MTC (Music Technology Concert) merupakan konser musik berbasis teknologi yang pertama kali diselenggarakan di kota Solo. “Latar dari tema itu sendiri adalah mengaktifkan kekuatan digital, terutama pada musik. Kembali lagi pada sejarah SMI sebagai sekolah musik pertama yang berkonsentrasi pada musik teknologi,” ujar Sinung Ariesta selaku Marketing acara tersebut.

Tidak hanya musik konvensional, Music Technology Concert juga menampilkan inovasi musik yang dipadukan dengan teknologi sebagai pokok acara, seperti membuat musik melalui komputer, membuat music software, midi maker, dan bagaimana cara memproduksi musik sendiri dari mulai recording, mixing, hingga mastering.

Music Technology Concert memiliki ciri tersendiri dari konser-konser musik SMI Solo sebelumnya, yaitu dengan fasilitas Life Recording On Stage, yang mana pengisi acara dan pengunjung dapat menampilkan bakat musiknya secara langsung di panggung berteknologi digital. Kemudian, hasil rekaman musik tersebut akan diedit dan hasil akhir diserahkan kepada orang yang bersangkutan tanpa dipungut biaya.

Sinung Ariesta pun turut bangga atas terselenggaranya Music Technology Concert ini. Ia memiliki harapan tersendiri atas digelarnya acara tersebut. “Karena di Solo masih jarang life concert menggunakan teknologi musik digital, dengan MTC ini semoga dapat membangkitkan musik digital bukan hanya audio saja, tetapi juga ketika perform di panggung, sekaligus sebagai sarana eksistensi SMI. Mumpung baru pertama kali di Solo, semoga saja ya pertama kali di Indonesia,” ujar wanita yang pernah berkontribusi dalam Jinggle Iklan SMI Solo pada acara SIPA tahun lalu.

Rangkaian acara dari Music Technology Concert meliputi Gospel Day, Music Technology Workshop, Clinic Music, Soft Opening of Sekolah Programming Indonesia, SMI Friday Concert, Parade Band, Pentas Seni Sekolah, Launching of SMI New Technology Product, dan masih banyak lagi. (Citra Anastasia)