(Lia Anjarwati, Vera Safitri)

 

Surakarta, saluransebelas.com – Program Kenal Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) meninggalkan cela. Pasalnya, mahasiswa baru (maru) yang tidak berkampus di Kentingan alias kampus wilayah, mendapat informasi minim soal kampusnya.

 

Salah seorang mahasiswi jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Wedellia Nuzaila Fatiha mengaku terkejut dengan perkuliahan yang diadakan di kampus Tirtomoyo. “Aku waktu itu ngiranya ya, kalo K3 kampusnya di Kentingan, di fakultas kedokteran lah gitu, aku juga survei-surveinya kampus kentingan. Orangtuaku juga tahunya ya kampus kentingan,” ujarnya.

 

Sebelumnya Nuzaila sudah diterima di universitas lain lewat jalur beasiswa tapi memilih jurusan K3 UNS. “Aku langsung kaget, shock gitu. Terus aku sempat bilang ke mamaku, ‘Ma, mosok aku ninggalke beasiswa, ternyata kampuse koyok ngene,’  aku sedih juga sih waktu itu,” ungkapnya setelah mengakui kampusnya bertempat di Tirtomoyo.

 

Nasib serupa dialami Irene, mahasiswi program studi (prodi) Pendidikan Teknik Informatika. Ia dan orang tuanya – yang alumni UNS – mengira kampus PTIK berlokasi di Kentingan. Baru saat pendaftaran ondesk ia mendapat info bahwa kampusnya di Pabelan. “Tiwas udah bayar setahun di kos belakang Kentingan,” katanya mengaku.

 

Lain halnya dengan dengan Nindya Salsa, mahasiswi prodi Psikologi yang berkampus di Mesen. Ia sudah mengetahui ihwal kampusnya yang tidak bertempat di Kentingan, dari saudara-saudaranya yang juga berkuliah di prodi Psikologi. Nuralifa Satyabrata pun demikian. Mahasiswi Psikologi ini menerima informasi kampus wilayah dari staf rektorat yang ia temui pasca penerimaan mahasiswa baru. “Habis diterima kan main ke Solo sama orangtua, terus lihat kampus Kentingan. Terus dikasih tahu kalau kampus Psikologi tuh misah di Mesen. Jadi tahu deh. Kecewa dikit. Tapi katanya kampus [Psikologi] mau pindah tahun depan. Jadi agak lega,” katanya.

 

Bahan Evaluasi

UNS kini memiliki kampus wilayah yang tersebar di Tirtomoyo, Mesen, Pabelan, Manahan, Ngoresan, dan Kebumen. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menjadi fakultas dengan prodi terbanyak yang berkampus di luar Kentingan.

 

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP, Febriana Ramdhani Setiawan mengungkapkan, informasi soal lokasi kampus wilayah sudah tersedia di laman resmi FKIP UNS. Selain itu ada pemberitahuan langsung dari kakak tingkat saat penyambutan mahasiswa baru.

 

Hanya saja, usai dicek ke lama uns.ac.id, tidak terdapat informasi soal lokasi kampus wilayah. “Jujur saja saya enggak kepikiran terkait masalah ini. Karena selama ini belum ada kasus mahasiswa yang protes. Dan saya baru tau kalau ternyata ada beberapa yang merasa kecewa,” kata Febriana. Kiranya kasus kampus wilayah bisa dijadikan evaluasi untuk PKKMB mendatang.[]