lpmkentingan.com-Sejumlah 38 peserta didik Solo Mengajar (SM) melakukan peringatan hari bumi sekaligus hari Kartini di taman cerdas Gambirsari pada Rabu (22/4). Peringatan kali ini dimeriahkan dengan kegiatan mewarnai. Tidak hanya diperingati di Gambirsari, 7 lokasi SM lain juga melakukan peringatan yang serupa. Lokasinya berada di Gandekan, Mojosongo, Sumber, Pajang, Banyugung dan Jebres.

Secara keseluruhan, ada 6 media yang akan diwarnai dengan cat tekstil oleh para peserta, yaitu patung kecil dari kayu berbentuk binatang, kain mori dengan gambar RA Kartini dan bumi, gantungan kunci dari boneka yang dibuat sendiri oleh para peserta, kanvas yang berbentuk tempat pensil, tatakan dari kanvas, dan hiasan dinding dari kain. Selain gantungan kunci, media-media itu nantinya akan dipajang di taman cerdas Gambirsari dan juga akan dipamerkan dalam festival anak Solo Mengajar.

Acara yang berlangsung selama 2 jam ini diikuti dari berbagai tingkat, mulai dari TK hingga SD kelas 5. “Untuk kelas 6 tidak ikut acara ini karena mereka fokus belajar untuk ujian bulan Mei nanti,” tutur kepala sekolah SM Gambirsari, Aditya Wahyu Dewangga Jati.

Meskipun hujan mengguyur selama acara berlangsung, tidak menyurutkan semangat para peserta untuk mengikuti acara hingga selesai. Mereka mengaku senang dengan acara peringatan hari Kartini dan hari bumi itu.

Peringatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan sosok RA Kartini dan jasa-jasanya kepada peserta didik SM. Selain itu, agar mereka juga tahu bahwa tanggal 22 April diperingati sebagai hari bumi.

“Tanggal 21 diperingati sebagai hari Kartini kan, sudah banyak yang tahu. Tapi kalau tanggal 22 sebagai hari bumi kan masih banyak yang belum tahu,” pungkas Aditya. (Maulidiah)