lpmkentingan.com“Hidup pemuda Indonesia, hidup pemuda Indonesia! Hidup rakyat Indonesia, hidup rakyat Indonesia!” suara Abdurrahman Afa Haridhi, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) menggema di antara  ratusan peserta Open House FK UNS 2015. Bertempat di Kampus Kentingan, FK UNS menyelenggarakan Open House pada Minggu (20/12).

Lebih dari 400 peserta tampak antre di meja-meja registrasi yang mulai dibuka sejak pukul 06.00 WIB. Acara ini merupakan serangkaian acara menyambut Solo Medical Cup (SMC) yang akan dilaksanakan pada 8-14 Februari 2016 mendatang. Acara yang diikuti oleh sebagian besar siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat ini terdiri dari beberapa sub acara, mulai dari kuliah umum oleh dosen FK yang memperkenalkan tentang seluk-beluk Fakultas Kedokteran UNS termasuk bagaimana sistem perkuliahan yang berlaku, beasiswa-beasiswa apa saja yang bisa diperoleh mahasiswa Fakultas Kedokteran. Selain itu, ada kunjungan ke laboratorium-laboratorium pembelajaran di lingkungan Fakultas Kedokteran UNS.

“Pengen kuliah di sini. Deket, juga kan sudah ada kakak kelas yang diterima di sini. Saya tahu infonya dari kakak kelas. Di Bimbingan Konseling (BK) sekolah juga ada pamfletnya,” tutur Ais, salah satu peserta open house yang merupakan siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Boyolali sembari sibuk memeriksa sarung tangan dan masker yang ia beli sebagai syarat masuk ke laboratorium Fakultas Kedokteran.

Ditemui secara terpisah, Ranny Kusuma Dewi selaku koordinator publikasi menceritakan bagaimana proses terbentuknya panitia yang berjumlah lebih dari 200 orang, serta kendala-kendala yang dihadapinya. “Kendala tahun ini, panitia lebih banyak mengeluarkan tenaga soalnya yang harusnya kami fokus ke event, ke SMC-nya, ini harus ngurusi open house. Terus masih ada juga fun run. Rencananya dalam fun run nanti kita juga ada aksi peduli kesehatan,” papar Ranny kepada tim lpmkentingan.com.

Fun run rencananya akan digelar di Car Free Day di sepanjang jalan Slamet Riyadi Solo pada 31 Desember 2015. Terdiri dari beberapa sub acara yang notabennya adalah bentuk kepedulian serta mengenalkan lebih jauh soal kesehatan kepada masyarakat Solo, panitia menggagas acara bertajuk aksi peduli kesehatan dan donor darah yang akan diselenggarakan di sekitaran Taman Sriwedari Solo.

Solo Medical Cup sendiri merupakan ajang pertandingan Bola Basket dan Futsal antar Fakultas Kedokteran/ Fakultas Kedokteran Gigi se-Indonesia, tahun ini pesertanya ditambah yaitu siswa SMA/sederajat. Panitia mengirim undangan melalui surat elektronik ke berbagai universitas terkait SMC. Namun, peserta SMC dari tahun ke tahun tak banyak berubah, antara lain yang sudah menyelesaikan pendaftarannya saat ini ialah Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, dan beberapa universitas lain. Sedangkan untuk tingkat SMA/sederajat, panitia bertandang ke beberapa SMA.

“Kami pernah, jam 11 masih di Semarang untuk sosialisasi ke SMA-SMA, padahal jam 12 kami harus responsi. Akhirnya kami ngebut, lampu merah diterobosi, alhamdulillah masih bisa ikut responsi. Hehehe,” tutur Ranny diiringi gelak tawa. (Ifa)