lpmkentingan.com– Kamis  kemarin (21/5) menjadi hari terakhir acara “Halal Expo” yang diselenggarakan oleh Forum Ukhuwah dan Studi Islam (FUSI) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan Sebelas Maret Islamic Festival (SIFT) ke-36. Acara yang diadakan selama tiga hari sejak  tanggal 19-21 Mei ini dimeriahkan oleh berbagai kegiatan, seperti talkshow makanan halal, lomba UKK HMJ, seminar tren pangan halal, lomba memasak antar mahasiswa muslim di Fakultas Pertanian, kajian, dan diakhiri dengan  bagi-bagi ta’jil gratis pada hari Kamis kemarin.

Bazar makanan halal sendiri dilaksanakan di pelataran depan kantin Fakultas Pertanian (FP) yang dibuka sejak pukul 10.00–16.00 WIB. Zuha selaku sie acara “Halal Expo” menjelaskan alasan dibalik FUSI FP memilih kegiatan ini adalah karena ingin menyelenggarakan sebuah acara yang mencerminkan Fakultas Pertanian. Mengingat di FP juga terdapat prodi Ilmu teknologi Pangan (ITP) yang memiliki mata kuliah tentang halal.

Sebagai acara tahunan SIFT, “Halal Expo” ini terbilang cukup sukses bila dibandingkan dengan acara tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan sejak tiga tahun terakhir, baru tahun ini kegiatan SIFT oleh FUSI UNS ini benar-benar melambangkan fakultasnya. “Kalau tahun kemarin-kemarin kami mengadakan acara seminar dan temanya agak nggak nyambung dengan Fakultas Pertanian. Baru tahun ini acaranya bener-bener pertanian banget,” jelas Zuha.

Selain itu kesuksesan acara ini juga dapat dilihat dari besarnya antusias mahasiswa yang memadati tempat bazar makanan. “Harapan kami dari acara ini mahasiswa lebih memahami apa itu halal, bukan hanya dari segi makanan, tapi mahasiswa juga dapat menerapkan hal-hal yang halal dalam kehidupan sehari-hari seperti mencari rezeki yang halal,”imbuh Zuha. (Fadhilah)