Ilustrasi: Dinna Devina A.P./LPM Kentingan

 

Orang-orang selalu membuat banyak alasan untuk tak belajar. Belajar itu membosankan. Belajar itu butuh modal. Dan alasan lainnya. Banyak orang yang lupa bahwa belajar itu bisa dari mana saja. Dari lingkungan sekitar. dari diskusi kelompok, berbagi pengalaman, dan banyak cara lainnya.

 

Cara yang paling sering dilupakan banyak orang mungkin adalah melalui gawai kita. Dewasa ini, banyak orang yang mulai menyalahkan gawai. Gawai menguarai kualitas hubungan sosial, membuat banyak waktu terbuang percuma, atau membuat kita iri dengan kehidupan orang lain. Padahal, coba bayangkan jika semua teknologi dan koneksi yang semakin maju itu bias kita manfaatkan untuk hal yang lebih berguna. Ada banyak konten bermutu di dunia maya yang membuka kita kepada akses Pendidikan yang lebih luas dan tak terbatas. Membuka kita pada ruang diskusi yang lebih kaya. Seperti banyaknya pilihan saluran YouTube yang menyediakan konten Pendidikan dan ilmu pengetahuan, atau e-book yang lebih mudah diakses.

 

Seandainya saja kita semua bisa lebih bijaksana menggunakan teknologi, bukankah waktu kita akan terasa lebih berharga? Dan dunia Pendidikan kita juga mampu bergerak maju dan lebih kaya, bukan?[]

 

Ilustrator: Dinna Devina A.P.

Penulis: Dinna Devina A.P.