lpmkentingan.com-Mahasiswa FKIP Seni Rupa UNS angkatan 2014 gelar pameran seni bertajuk “Golongan Darah S” di Student Center (SC) UNS, Rabu-Jumat (9-11/12). Dalam kesempatan tersebut, karya seni berjudul “Masih Melawan Asap” karya Dwiky Fajar Yuliarto terpilih sebagai juara karya terfavorit dengan mengantongi 52 suara dari pengunjung. Sedang juara terfavorit dua dan tiga, berturut-turut diraih oleh Dwi Andayani dan Elham Nur Fathoni.

Karya yang dibuat oleh Dwiky tersebut terinspirasi atas keprihatinanya terhadap masalah bencana asap yang menurutnya tidak ada penanganan yang baik. Ia pun tak segan-segan menggambarkan masker besi sebagai ikon lukisannya. “Saya memakai ikon masker besi agar kesannya kalau bencana asap sudah parah, jadi harus pakai alat bantu,” ujar Dwiky. Kontras warna abu-abu dan hitam yang mendominasi lukisan Dwiky menggambarkan kesan agar terlihat lebih misterius. Sedangkan sedikit warna hijau pada moncong masker besi dimaknai sebagai harapan dalam mendapatkan oksigen ditengah kabut asap.

Selain pameran seni, juga diadakan performing art dari perwakilan mahasiswa FKIP Seni Rupa setiap angkatan di depan SC UNS, Jumat (11/12). Tak terkecuali dengan Dwiky, peraih juara karya terfavorit yang menampilkan karyanya. Ia menampilkan lukisannya dengan duduk dikelilingi oleh koran-koran yang terbakar. Yang mana keadaan tersebut menandakan kebakaran hutan yang menimbulkan kabut asap. Ia juga menuliskan “Masih Melawan Asap” dengan cat warna merah di selembar kertas putih. Lalu Dwiky mengangkat tulisan tersebut diiringi tepuk tangan meriah penonton. (Nada)