Judul: Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)

Sutradara: Angga Dwimas Sasongko

Tahun Rilis: 2020

 

 

Saluransebelas.com – Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) adalah sebuah film yang diangkat dari buku karya Marcella FP. Film NKCTHI mempunyai rating yang tinggi, 7.7/10 menurut IMBD sedangkan bukunya sendiri mempunyai rating 3.8/5 menurut Goodreads.

Film ini bercerita tentang sebuah keluarga bahagia dengan sebuah rahasia besar. Sang Ayah yang overprotektif membuat anak-anaknya menjadi merasa terkekang. Masalah dimulai ketika Awan dipecat dari pekerjaannya, kemudian ikut kakaknya (Angkasa) menonton konser. Pada saat konser itulah ia bertemu dengan Kale, manajer band Arah yang disukai Awan. Dari Kale, Awan belajar banyak hal seperti menghadapi kesedihan dan kegagalan. “Sabar, satu persatu,” ucap Kale. Film ini seolah-olah menyemangati para penonton untuk menghadapi kegagalan dan kesedihan. Penonton juga dituntun untuk mengerti bahwa setiap keluarga pasti mempunyai masalahnya sendiri-sendiri, meskipun keluarga tersebut terlihat sangat bahagia. Pun setiap orang pasti akan mengalami titik terendah dalam hidupnya, tapi harus berani menghadapi kegagalan dan kesedihan yang dialaminya. Bahwa kesedihan bahkan bisa menambah kedewasaan seseorang.

Film ini telah sukses membuat perasaan penontonnya terombang-ambing: tertawa, terinspirasi, marah, sedih dan patah hati. Hal inilah yang membuat film ini meraih dua juta penonton dalam tiga minggu. Karakter tokoh yang begitu kuat dapat dibawakan dengan begitu ciamik. Alur cerita yang tidak mudah ditebak serta teka-teki di awal cerita, berhasil membuat penonton bertanya-tanya. Hingga di akhir cerita semuanya teka-teki itu dijelaskan secara sempurna. Hal itu membuat film ini begitu ramai diperbincangkan di media sosial.

Terdapat dua versi NKCTHI yaitu NKCTHI versi awal dan Director’s Cut. Versi awal yang fokus pada permasalahan utama membuat beberapa detail seperti mengapa Aurora menjadi pelukis belum terpecahkan. Namun, pada versi Director’s Cut, detail-detail yang terlewatkan itu terbayar lunas. Hal ini tentu membuat orang-orang yang telah menonton versi awal menjadi puas. Namun, bagi orang-orang yang langsung menonton versi Director’s Cut, hal tersebut malah membuat film NKCTHI kurang fokus pada masalah utama hingga menyebabkan film ini jadi terasa kurang mengena. Akan tetapi, meski beberapa detail cerita telah dipecahkan dalam Director’s Cut, peran Isyana dalam film ini masih menjadi tanda tanya. Sebab, Isyana hanya muncul ketika awal dan akhir film tanpa dialog apapun. []

 

 

Ridwan Agung Nugroho
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia UNS 2019. Surel: [email protected]