Gambar: Mading hasil karya Tim 1 SMAN 4 Surakarta yang berhasil menyabet juara 1

Gambar: Mading hasil karya Tim 1 SMAN 4 Surakarta yang berhasil menyabet juara 1

Solo- Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) UNS, Minggu (11/5) mengadakan event lomba mading 3D yang diikuti oleh siswa SMA di Solo Raya. Lomba bertajuk Green Cycle, Save Our Eart ini menampilkan kreasi berupa mading 3D dengan bahan pembuatan utamanya berupa limbah di lingkungan sekitar kita.

“Kami ingin memberi wadah bagi adik-adik SMA untuk mengembangkan kreativitas yang berbeda. Terutama untuk memanfaatkan limbah di sekitar lingkungan”, papar Diana, salah satu panitia yang menjadi sie lomba dalam acara tersebut.

Selainitu kegiatan yang termasuk ke dalam rangkaian acara Toronto 3 ini juga dimeriahkan oleh stand dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) di fakultas teknik (FT). Tujuannya tidak lain adalah untuk mengenalkan berbagai jurusan yang ada di FT UNS. Lebih-lebih HMTI yang ingin lebih memasyarakatkan jurusan mereka.

Meskipun lomba ini hanya diikuti oleh enam tim dari lima sekolah yang berbeda, yaitu SMA Negeri 3 Boyolali, SMA Negeri 1 Teras, SMA Negeri 4 Surakarta (2 tim), MAN 1 Surakarta, dan SMA Negeri 1 Surakarta, namun para peserta tidak kehilangan kreativitas untuk menunjukkan hasil karya terbaik mereka.

“Kami sudah menyosialisasikan ke berbagai SMA, sekitar 20an, tapi karena waktu sosialisasi yang dekat dengan UN jadi para guru di SMA itu lebih nggagas UN daripada lomba ini”, tambah Diana ketika ditanyai soal kendala.  “karena lomba yang baru pertama kali diadakan, jadi masih banyak kendala teknis”, tambahnya lagi.

Lomba mading juga dibarengi oleh try out SBMPTN 2014, yang nantinya para peserta try out diwajibkan untuk memberikan voting untuk menentukan juara favorit.

Pengumuman pemenang dibacakan oleh panitia di akhir acara. Pemenang favorit diraih oleh tim dari SMA Negeri 1 Surakarta, sedangkan pemenang terbaik diraih oleh tim 1 SMA Negeri 4 Surakarta.

“Atraktif, seneng banget, imajinatif, ayo menjaga bumi”, tutur Brilliani Nadiva yang juga mengungkapkan kegembiraannya karena timnya berhasil menyabet juara pertama. (Nadia)