lpmkentingan.com – Eagle Junior Documentary Camp kembali hadir di tengah kalangan pelajar SMA/SMK/sederajat dan Kota Solo menjadi salah satu dari tiga kota yang menjadi tujuan roadshow 3th Eagle Junior Documentary Camp. Bekerja sama dengan KINE CLUB FISIP UNS, roadshow Eagle Junior Documentary Camp dilaksanakan pada hari Kamis (3/9) bertempat di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) Surakarta. Roadshow kali ini diikuti lebih dari 400 peserta yang sebagian besar merupakan pelajar SMA/SMK di Surakarta dengan antusias yang luar biasa. Eagle Junior Documentary Camp merupakan pelatihan dan produksi film dokumenter bagi remaja berusia 15 sampai 19 tahun yang diselenggarakan oleh Metro TV.

“Acaranya seru, banyak ilmu yang didapatkan di sini.” Ungkap Ida Kusuma, salah satu peserta yang menjadi perwakilan dari SMK 6 Surakarta. Selain pelajar SMA/SMK, mahasiswa juga ikut menghadiri roadshow yang menghadirkan salah satu alumni dari Eagle Awards 2009, Eko Redjoso Prabowo yang memberikan materi tentang film dokumenter. Selain materi seputar perfilm-an dan penyuluhan bahaya narkoba, tiga film dokumenter diputar, salah satunya adalah Doom yang merupakan pemenang film terbaik pilihan juri di ajang Eagle Junior Documentary Camp 2014.

Di tahun ketiga ini, Eagle Institute mengusung tema “LAWAN NARKOBA” dengan menilik fakta bahwa masih maraknya barang terlarang tersebut di kalangan remaja Indonesia. Solo menjadi kota dengan pengguna narkoba tertinggi di Jawa Tengah merupakan alasan mengapa Solo menjadi kandidat roadshow kali ini. Sejalan dengan yang disampaikan oleh Koordinator Penyuluh BNK Sukoharjo, Agus Widanarto, bahwa kawasan Surakarta dan sekitarnya masih memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi terhadap bahaya narkoba, dan diperlukan dukungan dari para remaja untuk ikut andil dalam penanggulangannya. Eagle Institute ingin melihat isu tersebut dari sudut pandang remaja, dengan tujuan mendorong remaja untuk memiliki sikap melakukan penolakan dan perlawanan terhadap narkoba. (Siwi)