Judul       : Kurma For TeensPenerbit : PT Arga Tilanta

Penulis    : Ridwan Mukri

Cetakan : I, JUNI 2013

Tebal      : 180 halaman

ISBN       : 978-979-13285-8-6

Pernahkah kamu bertanya-tanya, “Allah ada di mana, ya? Malaikat itu bener nggak, sih, selalu ada di samping kita? Kenapa kok hidup itu penuh aturan dan serba dilarang kayak di penjara?” Dan beragam pertanyaan lainnya yang numpuk di kepalamu.

Keraguan, kebimbangan, sampai berbuat salah ketika mencari sesuatu yang menurutmu belum pasti jawabannya. Ya, hal yang wajar kiranya kalo kamu berubah setiap saat. Karena kamu dalam masa pencarian. Itulah yang Ridwan Mukri sampaikan dalam tulisannya sebagai pengantar dalam bukunya.

Buku ini tidak sekedar sebagai introspeksi diri namun dapat memperbaiki sikap kita pada orang lain dan tentunya akan menjadi lebih mengenal siapa diri kita, bagaimana diri kita di hadapan Allah dan apa yang harus kita lakukan dalam menyikapi hidup ini.

Pada dasarnya buku ini banyak menampilkan kisah nyata perjalanan spiritual seseorang yang pada akhirnya sadar untuk ke jalan yang sesungguhnya. Buku yang menceriatakan  bagaimana Allah itu sayang kepada kita, bagaimana kita mendekatkan hidup dengan ayah agar sesuai dengan yang difitrahkan, menjadi gaul tapi tetap saja saleh, menjadikan guru sebagai sahabat kita, menjadikan orang yang ahli tapi memiliki memiliki kekuatan untuk berbuat baik, hidup yang tidak takut kepada kematian tapi juga tidak cari mati, dan kemana seharusnya kita jatuh cinta.

Memahami kasih ibunda yang merupakan kasih sayang Allah, mengerti doa dengan keajaiban-keajaibannya. Alasan mengapa selalu terjadi bencana dan cobaan, mengenal sahabat kita di alam yang berbeda, Malaikat.Memahami juga kesombongan, yang hanya dimiliki Allah. Menjadi remaja digital dengan bilangan biner 0 dan 1 yang melambangkan Laa IlaahaIllallah, dan menjadikan Rasulullah SAW sebagai idola kita tanpa batas ruang  dan waktu.

Menjadikan rutinitas belajar sebagai remaja untuk dijadikan lahan ibadah, memahami umur yang terus berkurang dengan untuk meningkatkan ketakwaan kepada-Nya. Dituliskan juga pengalaman umrah dari beberapa rekan yang menceritakan pengalaman spiritual yang menakjubkan, hingga membuat merenung pembaca tentang indahnya hidup yang telah diatur Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu buku ini juga menyertakan beberapa ayat Al-Quran dan menampilkan kisah beberapa sahabat Rasulullah SAW yang Insya Allah dapat mempertegas isi dari buku ini. Selain itu penulis juga memberi komik singkat menarik yang dimana hal ini menambah “renyah” isi buku ini.

Buku ini menampilkan solusi dari “pertanyaan-pertanyaan” kitasebagai remaja yang penuh dengan rasa bingung.

Buku ini, memiliki kelebihan berupa kisah dan catatan unik, yang dikemas secara ringan, asyik dan mengalir dari awal sampai akhir, membuat pembaca—khususnya remaja—merasa takjub. Oh, ini, loh, hidup. Tulisan yang singkat dengan penuh esensi akan menjadi bagian yang bermanfaat, walaupun kovernya terkesan sedikit statis, kurang dinamis dengan apa yang digambarkan dalam tulisan di dalamnya. Bentuk tulisan yang simetris pun membuat pembaca jenuh dalam memahami isi buku. (Muhammad Zudin)