Surakarta (8/11) – Acara yang mengusung kebudayaan kembali mewarnai daftar event seni dan budaya kota Surakarta. Adalah kelurahan Jebres dengan dukungan dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Surakarta menggelar Kirab Budaya Babad Kademangan Jebres pada 3-9 November 2014. Rangkaian acara yang digelar di kompleks Taman Cerdas, Jebres, Surakarta tersebut sekaligus menjadi bukti eksistensi Jebres sebagai salah satu kampung seni di Surakarta. Berbagai kegiatan seperti pentas budaya, keroncong, pasar malam, serta Umbul Donga dan Umbul Bujana diselenggarakan untuk memeriahkan acara tahunan yang telah digelar kedua kalinya tersebut.

“Tujuan kegiatan ini untuk mengenang Kademangan Jebres, yang mana Demang Jebres merupakan tokoh sejarah perjuangan bangsa yang juga mengilhami nama daerah Jebres yang ada sekarang,” ungkap Budi Harto, selaku ketua penyelenggara. Selain itu, event ini diharapkan menjadi ikon tahunan di kelurahan Jebres, bahkan kota Surakarta.

Hal senada diungkapkan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Jebres, Tri Sapto Handoyo. Jebres merupakan salah satu kelurahan yang memiliki banyak potensi, baik dari segi pariwisata, kesenian, maupun pendidikan.

“Kami berharap segenap warga Jebres mampu bekerjasama untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di Jebres,” jelas Tri.

Kirab Budaya Kademangan Jebres yang digelar sejak Senin (3/11) kemarin akan ditutup dengan kirab pusaka Demang Jebres pada Minggu (9/11) pukul 14.00 WIB.

“Jelas kami sangat mendukung, apalagi ini salah satu upaya untuk melestarikan kebudayaan Jawa Tengah,” tambah Ari Dwi Daryatmo, Lurah Jebres. (Muhammad Satya & Muhammad Zudin)