Surakarta – UKM Unit Pengembangan Kesenian Daerah (UPKD) FKIP UNS tampil membawakan kesenian daerah karawitan di panggung acara Pameran Ilmiah dan Seni halaman gedung LPPM UNS memperingati Dies Natalis ke-38 Universitas Sebelas Maret Surakarta Selasa (11/3).

Surakarta – UKM Unit Pengembangan Kesenian Daerah (UPKD) FKIP UNS tampil membawakan kesenian daerah karawitan di panggung acara Pameran Ilmiah dan Seni halaman gedung LPPM UNS memperingati Dies Natalis ke-38 Universitas Sebelas Maret Surakarta Selasa (11/3).

Surakarta – Memperingati Dies Natalis ke-38 Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) yang bertemakan “Akselerasi Peran UNS dalam Menyongsong Era Asia” tahun ini, diselenggarakan acara Pameran Ilmiah dan Seni di halaman gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS Senin (10/3) hingga Rabu (12/3). Sebuah panggung hiburan dan sejumlah stand dari berbagai fakultas dan lembaga yang ada di UNS tampak menghiasi tempat tersebut.

Tahun ini penanggung jawab acara diberikan kepada Dekan FMIPA UNS, Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc., Ph.D., sehingga BEM FMIPA diminta menjadi panitia pelaksananya. “Jadi, di Dies Natalis UNS itu ada beberapa acara. Salah satunya Pameran Ilmiah dan Seni, kebetulan yang jadi penanggung jawab itu Dekan FMIPA. Jadi, Dekan FMIPA mengerahkan BEM UNS untuk menjadi panitia acaranya,” terang Adam Firmansyah selaku ketua seksi acara. Tahun sebelumnya kepanitiaan diberikan kepada FKIP UNS.

Acara yang diisi oleh berbagai macam lomba dan penampilan dari sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan fakultas itu juga menghadapi sejumlah kendala di antaranya yaitu kendala waktu dan tidak adanya konfirmasi dari sejumlah UKM yang diundang. Menurut Adam Firmansyah, waktu mempersiapkan acara sangat terbatas yaitu hanya sepuluh hari, sementara kepanitiaan baru selesai dibentuk pada H-7. Sedangkan dari sejumlah UKM yang diundang, hanya sebagian yang memberikan konfirmasi untuk berpartisipasi dalam acara tersebut.

Rian (21) selaku perwakilan dari UPKD FKIP UNS yang menampilkan karawitan pada acara hari Selasa (11/3) tersebut menyampaikan kesannya terhadap koordinasi panitia acara, “Saya rasa cukup. Soalnya sudah memberikan tempat yang lumayan,” katanya.

Lain halnya dengan Zulfa Hidayat (21) yang tengah menjaga stand FSSR pada Selasa (11/3) mengungkapkan sebaliknya mengenai koordinasi kepanitiaan dengan stand. “Kalau menurut saya pribadi, itu sangat kurang,” ujarnya. Menurutnya lagi, sangat sulit untuk menampilkan semua produk dari FSSR pada stand itu karena banyaknya hal yang perlu ditampilkan.

Tampak terlihat bahwa tidak semua stand dalam acara tersebut terisi. Beberapa di antaranya bahkan kosong. Diharapkan pengunjung yang lebih banyak akan datang malam ini dan besok. (LR/AN/PS)