Dengan mengangkat tema “Back To Indie“ Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta terkhusus mahasiswa yang mengambil mata kuliah sinematografi, atau yang tergabung dalam panitia penyelenggara Communication UMS Visual Art (CIVA) menggelar acara Short Movie Indie Festival 2015. Acara pemutaran dan screening film ini merupakan ajang kreasi dan apresiasi bagi mahasiswa jurusan ilmu komunikasi UMS sendiri. Kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengeksplorasi kreatifitasnya dalam mempraktekkan apa yang telah didapat saat dalam perkuliahan, khususnya ilmu dalam produksi sebuah film.

Acara ini diselenggarakan selama dua hari ini yaitu pada tanggal 21 – 22 Desember 2015 pukul 15.00 sampai 22.30 WIB bertempat di Gor Serbaguna UMS. Kegiatan tersebut menampilkan pemutaran 20 buah film karya mahasiswa – mahasiswa ilmu komunikasi UMS, dimana masing – masing film memiliki durasi kurang lebih 7 menit.

Pada hari pertama ada 4 segmen yang menayangkan 12 film dan hari ke dua 3 segmen menayangkan 8 film. Selain pemutaran film ada juga pembagian doorprize, acoustic band, penjualan merchandise dan awarding. Awarding sendiri adalah sebuah ajang apresiasi kepada PH (Production House) yang filmnya telah memenangkan nominasi dalam 12 kategori yang telah dipilih oleh juri. Dalam awarding ini juga di siarkan secara langsung oleh TV Muhammadiyah. Dengan adanya penghargaan yang diberikan, diharapkan dapat memotivasi bagi sineas–sineas muda agar dapat terus berkembang menciptakan karya yang luar biasa.

Acara berlangsung sukses dan meriah, bahkan kursi yang disediakan panitia tak cukup menampung banyaknya junlah penonton yang datang. Sehingga panitia harus menggelar tikar agar penonton yang masih datang dapat menikmati sajian karya oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS ini, film-film yang tampil mendapat seruan tepuak tangan dari ratusan penonton. Seusai acara, penonton masih ramai bercakap dengan para dosen maupun tamu undangan pada malam itu.