Buku Pandora: Gerak Kepemimpinan Aktivis Perempuan Muda Indonesia

Buku Pandora: Gerak Kepemimpinan Aktivis Perempuan Muda Indonesia

Surakarta -Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, Himpunan Mahasiswa Sosiologi (HIMASOS) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNS diskusi “Kartini Kontemporer & Pengorganisasian Gerakan Perempuan” pada Kamis (24/4) siang. Acara yang diadakan di Public Space 3 FISIP ini dihadiri mahasiswa dan beberapa tamu undangan. Diskusi yang dimoderatori oleh ketua HIMASOS FISIP UNS, Dita Rahayu ini juga membahas buku “Pandora”. 

Acara yang berlangsung  selama 3 jam tersebut mendatangkan dua pembicara, yaitu Akhmad Ramdhon, seorang dosen jurusan Sosiologi UNS dan Siti Harsun, seorang anggota Forum Masyarakat Madani Indonesia (FMMI) dan ia juga salah satu penulis dari buku kumpulan kisah wanita yang ada dalam buku Pandora. Dalam buku tersebut  memuat tulisan 18 aktivis perempuan Indonesia tersebut berisikan kisah-kisah perjuangan perempuan yang menginginkan kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan seperti yang telah diperjuangkan oleh Kartini di jaman penjajahan tetang persamaan gender.

“Diskusi  ini dapat dijadikan sebagai apresiasi kita terhadap apa yang telah dilakukan Kartini yang semangatnya dapat kita teruskan sekarang,” tutur Ramdhon dalam diskusi siang tadi. (Fiya)