lpmkentingan.com—Malam hari di bulan ramadan tidak menyusutkan semangat para musikus jazz untuk menampilkan totalitas bermusik mereka. Berlatar bagian depan Balai Soedjatmoko, beberapa kelompok musik jazz asal Solo dan Yogyakarta menghibur penonton yang hadir pada Kamis malam (25/6).

Tampil sebagai pengisi acara, salah satunya Danto and Friends yang memanjakan penonton dengan dua buah lagu hasil aransemennya. Kemudian, seorang pria luar negeri yang diketahui bernama Hans tampil memukau dengan saksofonnya. Hingga larut malam, kelompok-kelompok musik tersebut tetap begitu menikmati permainannya sekalipun satu per satu penonton beranjak dari duduknya.

Acara musik jazz malam itu merupakan salah satu rangkaian acara menuju terselenggaranya acara inti, Jazz in Lebaran 2015. Setelah sebelumnya, pada Rabu (24/6) juga diselenggarakan acara yang sama di Mangkunegaran Lounge, Gedung Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) UNS. Serangkaian acara tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan Jazz in Lebaran yang tahun ini telah mencapai gelaran yang ketujuh. Jazz in Lebaran sendiri akan diselenggarakan di Pelataran Sriwedari pada tanggal 23-24 Juli 2015.

Salah satu penonton yang tetap anggun di tempat duduknya mengatakan bahwa gara-gara acara ini (acara musik jazz, red), ia mengurungkan niatnya pergi ke sebuah resto.

“Tadi pas lewat e ada acara ini. Ya sudah terus belok ke sini. Nggak jadi ke Mc Donald,” terang Sela.

“Saya suka jazz. Suka banget sih enggak tapi seneng. Kalo ada acara-acara musik beginian saya sempatkan buat datang. Saya suka acara-acara musik seperti ini,” pungkas mahasiswa semester akhir jurusan Hubungan Internasional Universitas Slamet Riyadi (Unsri) Solo. (Ifa dan Arini)