lpmkentingan.com– Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menyelenggarakan event tahunan Colaboration Of Art (COA) di halaman Gedung Pusat dr. Prakosa pada Jumat (24/4). COA merupakan pementasan kolaborasi dari tiga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seni di UNS yaitu Voca Erudita, Marching Band dan Badan Koordinasi Kesenian Tradisional (BKKT).

Selain ketiga UKM tersebut, COA juga dimeriahkan oleh Komunitas Mahasiswa Papua dan Komunitas Tari Saman Fakultas Kedokteran UNS. Dengan tema “Jalan-Jalan Nusantara”, penonton diajak untuk lebih mengenal Indonesia melalui berbagai macam kesenian yang ada, mulai dari kesenian Aceh hingga Papua. Bukan hanya mengenal kesenian tari dan musiknya saja, tapi kita juga diajak untuk lebih mengenal keunikan serta tempat pariwisata yang ada pada masing-masing daerah.

Walaupun sempat mengalami pengunduran jadwal hingga dua jam lebih karena terhalang hujan, pementasan tetap berjalan dengan meriah. Dimulai dengan pertunjukan dari ketiga UKM yang ada, kemudian dilanjutkan dengan kisah perjalanan ketiga mahasiswa UNS yang menjelajahi wilayah-wilayah Nusantara.

Perjalanan dimulai dari Jawa Barat menuju Sumatra, Aceh, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, NTT, Bali, Jawa Timur dan berakhir kembali ke Surakarta. Acara yang dikonsep dengan nuansa komedi ini mampu menghibur penonton yang telah menantikan COA sejak beberapa jam sebelum acara dimulai. Meskipun rintik hujan tetap mengguyur selama pementasan berlangsung, hal ini tidak menyurutkan antusiasme penonton untuk menyaksikan pertunjukan. Hal ini terbukti dari semakin padatnya volume penonton selama acara berlangsung.

Putri adalah salah satunya. Mahasiswa FISIP UNS ini mengaku baru pertama kali menyaksikan COA. Walaupun sempat terhalang hujan ia tetap antusias menyaksikan pertunjukan ini. Ia berharap semoga acara COA tahun depan dapat lebih baik lagi. “Acara COA ini bagus, tapi aku berharap semoga tahun depan panggung dan tempat penontonnya diberi penutup buat antisipasi kalau hujan,” terang Putri. (Fadhilah)