lpmkentingan.com– 10 tim terpilih peserta lomba IT-Venture 8.0 (IT-V 8.0) meriahkan final IT-V 8.0 di area Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Sabtu (7/11). Acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Informatika (HIMASTER) UNS ini menjadi ajang pembuktian skill dan pengetahuan Information and Technology (IT) untuk pelajar SMA/SMK/Sederajat. Sebelumnya, Kamis (5/11) para peserta yang berasal dari eks-Karesidenan Surakarta telah melakukan uji kemampuan dengan cara mengerjakan soal secara online.

Sepuluh tim yang bertanding yaitu SMK Al-Islam Surakarta, SMA N 1 Surakarta (2 tim), SBBS Surakarta, SMK 5 Surakarta, SMK IT Surakarta, SMA 4 Surakarta (2 tim), dan SMA IT Nur Hidayah Surakarta (2 tim). Konsep final IT-V 8.0 mirip seperti kegiatan outbound yang biasa dilakukan. Awalnya peserta melakukan battle dengan tim lain di masing-masing pos. Ada enam pos yang disediakan oleh panitia. Pada pos pertama, peserta diminta untuk merakit personal computer (pc) di lantai 1 Gedung B FMIPA UNS. Kemudian pos selanjutnya, berturut-turut peserta mengerjakan dengan coreldraw, Microsoft Excel, html CSS, Crimping network, dan terakhir live coding. Pos live coding berlangsung di aula Gedung B FMIPA UNS. Pada sesi tersebut, para peserta diminta membuat coding dengan soal yang sudah ditentukan oleh panitia dengan bahasa pemrogaman Pascal.

Ditemui seusai acara, Ketua Umum HIMASTER Lutfi Aristian menjelaskan IT-Venture 8.0 merupakan kegiatan tahunan HIMASTER yang juga bertujuan untuk mengenalkan jurusan Informatika UNS kepada pelajar SMA/SMK/Sederajat. “Karena udah acara tahunan, ada beberapa sekolah yang ternyata sudah punya tim khusus dipersiapkan untuk IT-V ini,”tukas Lutfi.

Setelah semua pos berhasil dilalui peserta, sekitar pukul 15.30 WIB panitia mengumumkan juara terpilih. SMK Al-Islam (tim H) terpilih sebagai juara 1, sedang juara 2 dan 3 berturut-turut diraih oleh SMA N 1 Surakarta (tim E), dan SBBS Surakarta (tim B). (Ifa)