Surakarta – (21/11) Studi Ilmiah Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta (SIM UNS) menggelar Festival Ilmiah Mahasiswa (FILM 2014) yang berskala nasional. Acara yang menampung karya mahasiswa di Indonesia dalam bidang IPTEK dan Seni Budaya ini digelar selama tiga hari.

“Dengan adanya acara ini diharapkan kita siap dengan inovasi-inovasi baru untuk menghadapi MEA 2015” Jelas Fauzi, Kadiv Media SIM UNS yang memaparkan tujuan acara FILM 2014 digelar.

Hari pertama (20/11) dan kedua (21/11) acara diadakan di Student Center UNS. Ada 10 peserta dari masing masing dari 4 kategori perlombaan yang bisa di vote oleh pengunjung. Lomba poster yang bertema “Save Our Indonesia”, PKM yang didanai oleh Dikti, lomba LKTI, dan lomba esai.

Lomba LKTI menjadi yang paling banyak mengambil perhatian pengunjung karena dalam bidang perlombaan itu, peserta memperlihatkan karya inovasi terbaru mereka baik dalam bentuk alat maupun sudah dalam bentuk hasil. Seperti Universitas Bengkulu (UNIB) yang memperlombakan “SISCER” yaitu sistem pengolahan pirolisis sampah plastik menjadi minyak. Mereka memanfaatkan energi cahaya matahari sebagai sumber listrik untuk menjalankan alat itu dan masih banyak lagi.

Pengumuman juara lomba diadakan pada Jumat malam (22/11). Dalam perlombaan tersebut, 10 peserta dari masing-masing kategori akan merebutkan hadiah uang tunai total 17 juta rupiah, piala rektor, serta sertifikat. Pada hari terakhir, peserta diajak berwisata mengunjungi Museum Sangiran dan Keraton Surakarta, sekaligus untuk mengenalkan peserta pada destinasi wisata yang ada di sekitar Surakarta. Oleh : Fika